riau24

Mana Lebih Sehat, Makan Apel dengan Kulitnya Atau Tanpa Kulit? Ini Jawabannya

Senin, 26 Agustus 2019 | 10:03 WIB
ilustrasi:  Makan Apel ilustrasi: Makan Apel

RIAU24.COM -  Apel merupakan salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Selain karena rasanya, juga karena manfaat apel yang begitu baik bagi kesehatan tubuh. Namun banyak juga yang bertanya, lebih sehat mana makan apel dikupas atau sama kulitnya?

Selama ini memang ada dua cara orang mengonsumsi buah ini, yaitu makan apel dikupas atau sama kulitnya. Makan apel dikupas atau sama kulitnya menjadi dua pilihan makanan para pecinta buah.

Meski sama-sama mengonsumsi daging apel, nyatanya dua cara makan ini punya efek yang berbeda. Hal ini berkaitan dengan kandungan kulit pada apel sendiri. Menurut Boldsky, ada setidaknya 4 alasan mengapa makan apel beserta kulit jauh lebih sehat, di antaranya :

1. Serat dalam kulit

Satu kulit apel berukuran sedang memiliki sekitar 4,4 gram serat. Serat ini berguna untuk mencegah konstipasi dengan mengikat air dan mendorong sisa makanan ke usus besar.

2. Kulit apel mencegah kanker

Sebuah penelitian di Cornell University menyebutkan kulit apel mengandung senyawa bernama triterpenoids. Senyawa ini mampu membunuh sel kanker terutama di usus, payudara, dan hati.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kulit apel mengandung asam ursolat yang bisa memerangi obesitas. Asam ursolat juga meningkatkan lemak otot dan bisa membakar kalori dalam tubuh.

4. Mengatasi masalah pernapasan

Senyawa Quercetin dan Flavonoid banyak ditemukan pada kulit apel daripada dagingnya. Senyawa ini memiliki fungsi untuk menjaga paru-paru seseorang terutama risiko asma.

Sayangnya, kekhawatiran pada kandungan pestisida di kulit apel tidak bisa dihindari. Untuk itu, saat akan mengonsumsi apel, pastikan agar apel dicuci dengan bersih ya!

PenulisR24/saut



Loading...