riau24

Begini Cara Mudah Mengatasinya Bayi Bentol-bentol Karena Digigit Nyamuk Cuman dengan Bahan Alami Ini

Jumat, 30 Agustus 2019 | 21:57 WIB
Foto (internet) Foto (internet)

RIAU24.COM -  Gigitan nyamuk pada bayi tidak bisa dianggap sepele. Selain membuat bayi tidak nyaman karena rasa gatal, gigitan nyamuk juga bisa berbahaya jika nyamuk pembawa virus DBD, Malaria dan Chikunguya yang sangat berbahaya bagi si kecil.

BACA JUGA : Sering Onani Disebut Bikin Lutut Cepat Kopong, Dokter Boyke Jawab Begini

Untuk menghindari gigitan nyamuk pada bayi, tentunya Bunda harus melakukan tindak pencegahan. Seperti menerapkan lingkungan bersih agar nyamuk tidak berkembang biak, hingga menggunakan obat nyamuk yang aman bagi bayi.

7 Bahan alami untuk atasi gigitan nyamuk pada bayi

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Bunda gunakan untuk merawat gigitan nyamuk pada bayi. Agar bentol dan rasa gatal yang dirasakan bayi berkurang, sehingga rasa tidak nyamannya pun berkurang.

1. Bawang

Bawang berfungsi untuk menghilangkan rasa panas menyengat akibat gigitan nyamuk. Potong satu siung bawang, lalu gosok pada bagian yang bentol, lalu bilas hingga bersih.

2. Es batu

Es batu bisa mengurangi rasa sakit dan gatal akibat gigitan nyamuk. Tempelkan es batu yang sudah dihancurkan pada bentol bekas gigitan nyamuk, diamkan selama 2-4 menit.

Jangan lebih dari 5 menit, karena bisa merusak kulit bayi. Disarankan untuk melapisi es batu dengan kain sebelum menempelkannya ke kulit bayi.

3. Lemon

Lemon mengandung anestesi, disinfektan dan anti-inflamasi sehingga bisa dipergunakan untuk menangani gigitan nyamuk pada bayi. Potong satu buah lemon dan tempelkan pada bekas gigitan nyamuk, atau oleskan perasan lemon pada kulit bayi yang digigit nyamuk.

4. Garam

Garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan antiseptik alami yang menjadikannya obat alami yang ampuh untuk mengobati gigitan nyamuk. Campurkan garam dengan air, lalu basuh area kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk dengan campuran tersebut. Ini bisa mengurangi gatal secara efektif dan mencegah kemungkinan infeksi.

5. Baking soda

Bahan memasak satu ini juga dapat digunakan untuk menangani gigitan nyamuk pada si kecil. Kandungan alkalin di dalam baking soda bisa membantu memulihkan kadar pH di kulit, sehingga bisa mengurangi rasa gatal secara cepat.

Campuran sedikit baking soda dengan air sebelum dioleskan ke kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk. Diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.



BACA JUGA : Istri Dijamin Puas, Ini 8 Obat Kuat Alami untuk Pria yang Aman dan Ampuh

6. Lidah buaya

Lidah buaya berfungsi untuk mengurangi bengkak dan gatal akibat gigitan nyamuk. Oleskan beberapa daging lidah buaya pada kulit bayi yang digigit nyamuk, untuk mendinginkan dan mengurangi rasa gatal.

7. Madu

Madu memiliki kandungan antimikroba yang bisa mencegah penyakit menular dari gigitan nyamuk. Bila melihat kulit bayi bentol-bentol, segera oleskan madu ke area tersebut.

 

Sumber: Kabarmakkah

PenulisR24/riko



Loading...

Terpopuler