riau24

Jumlah Pengunjung RSUD Siak Bulan Agustus 2019 Naik 11 Persen Dari Bulan Lalu

Selasa, 10 September 2019 | 16:45 WIB
Kondisi kabut asap akibat karhutla di Siak/lin Kondisi kabut asap akibat karhutla di Siak/lin

RIAU24.COM -   SIAK - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa daerah di Riau menimbulkan kabut asap terutama di Kabupaten Siak  yang berdampak semakin banyak masyarakat terpapar penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Bahkan, hingga Agustus 2019, jumlah pengunjung   di RSUD Siak meningkat hingga 11 Persen  dibandingkan bulan lalu.

Bahkan, hingga Agustus 2019, penderita ISPA di Siak meningkat hingga 11 persen dibandingkan bulan lalu.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Rumah Sakit Daerah Tengku Rafiah Siak Dr. Beni melalui Kepala Bidang Pelayanan Medik (YAMEN) Dr Hartini Kepada Riau24.com Selasa (10/09/2019).

BACA JUGA : Hadapi Pilkada 2020, Partai Demokrat Buka Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati Siak

Berdasarkan data yang ada di RSUD Siak jumlah pengunjung mengalami peningkatan jumlah hingga sebesar 11 persen di bandingkan bulan lalu, Hal tersebut di karenakan Kabut Asap yang menyelimuti Kabupaten Siak terbilang cukup pekat dalam beberapa pekan ini.

Adapun Rinciannya adalah sebagai berikut Untuk ISPA total keseluruhan 114 Orang pasien dengan  99 orang pasien Rawat Jalan dan 15 Orang pasien yang ada di Instalasi Gawat Darurat (IGD) , Untuk Pneumonia sebanyak 7 Orang Pasien ,1 Orang Rawat Jalan dan 6 Orang Pasien IGD.

Kemudian untuk Asma Total 54 Orang Pasien dengan 26 Orang Pasien Rawat  Jalan dan 28 Pasien IGD , Iritasi Mata sebanyak total 28 Orang pasien,  27 pasien Rawat Jalan dan 1 Orang Pasien IGD , kemudian Terakhir Iritasi Kulit ada 1 Orang Pasien IGD Dengan total keseluruhan ada 204 Pasien tercatat selama bulan Agustus 2019.

Menurut pantauan di Lapangan Kabut Asap memang masih terasa pekat di sejumlah daerah di Siak, bahkan di sejumlah daerah Seperti Di Koto Gasib Jarak Pandang Hanya berkisar kurang lebih 500 meter.

Sementara itu Direktur RSUD Siak Dr Beni, mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Siak untuk perbanyak minum air putih dan mengurangi aktivitas diluar ruangan sebagai salah satu bentuk pencegahan akan penyakit ISPA agar memakai masker saat berada berkegiatan di luar ruangan.



BACA JUGA : Pemkab Siak Harapkan Pembahasan RAPBD 2020 Selesai Tepat Waktu

"Ya saya mengimbau kepada masyarakat agar kurangi aktifitas diluar ruangan,memakai masker saat di luar ruangan dan perbanyak minum air putih," ujarnya.

Sementara itu , Kepala Dinas Kesehatan Tony Chandra saat dihubungi menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Siak agar segera memeriksakan diri apabila merasakan ada gangguan kesehatan di puskesmas atau tempat berobat terdekat.***


R24/phi/lin

 

PenulisR24/lin



Loading...