riau24

Izin Tinggal Habis, WNA Asal Inggris Diamankan Imigrasi Bengkalis

Rabu, 11 September 2019 | 12:13 WIB
Petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, mengamankan satu orang Warga Negara Asing (WNA) asal Inggris /hari Petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, mengamankan satu orang Warga Negara Asing (WNA) asal Inggris /hari

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, mengamankan satu orang Warga Negara Asing (WNA) asal Inggris di kawasan pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Minggu (8/9) lalu.

Kepala Kantor (Kakan) Imigrasi Klas II TPI Bengkalis Toto Suryanto mengatakan, WNA asal Inggris tersebut berjenis kelamin laki-laki inisial JHWD (47). WNA tersebut juga hanya bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan di badannya, kita temukan hanya Paspor saja, tidak ada uang dan alat komunikasi, bajupun adanya yang melekat di badannya saja,"ungkap Toto, Rabu 11 September 2019.



BACA JUGA : Tancap Gas, 7 Fraksi di DPRD Bengkalis Langsung Terbentuk

Toto menjelaskan, hasil pemeriksaan Paspor, WNA tersebut telah melakukan pelanggaran Keimigrasian, karena masa berlaku izin tinggal (melancong red,) di Indonesia sudah habis selama 28 hari dari sejak ditemukan orang tersebut.

"Sesuai ketentuan yang berlaku UU Keimigrasian, izin tinggal WNA habis satu hari dikenakan denda Rp1 juta rupiah,"ujarnya

Dari hasil pemeriksaan, WNA tersebut mengaku barang barang yang dibawanya hilang lantaran kena Copet di Kota Dumai. Kini pihak Imigrasi sedang menunggu kejelasan Kedutaan di Jakarta dan keluarga di Inggris, untuk bisa membiayai tiket kepulangan WNA tersebut.

"Tapi, jika sampai satu bulan belum juga ada kejelasan dari Kedutaan Inggris di Jakarta dan keluarganya, maka akan kita pindahkan rumah Ditensi Keimigrasian di Pekanbaru,"ujar Toto lagi.

Awalnya, lanjut Toto, WNA tersebut seperti adanya gelagat mencurigakan. Dan kemudian diamankan oleh petugas imigrasi Bengkalis tepatnya di Pelabuhan desa Selatbaru, Bantan.

Setelah diamankan, saat ini pihak Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, sedang melakukan pendalaman terhadap WNA asal Inggris yang diamankan tersebut.



BACA JUGA : Patut Diacungi Jempol, Korban Kabut Asap di RSUD dan Puskesmas se-Kabupaten Bengkalis Bisa Berobat Gratis

"Saat diperiksa, WNA tersebut sepertinya bergaya seperti ada gangguan jiwa, karena ketika diajak komunikasi sering tidak nyambung dan sering lupa ingatan. Yang jadi masalahnya, kalau ada gangguan jiwa dan lupa ingatan, kenapa mengaku kecopetan di Kota Dumai, tapi bisa sampai ke Pelabuhan Selatbaru,"katanya lagi.

"Dia berangkat dari Dumai ke Selatbaru itu menggunakan apa, sedangkan sebelumnya tidak pernah tinggal di Bengkalis," pungkasnya seraya mengatakan ada beberapa kejanggalan dan patut dicurigai.***


R24/phi/hari
    

 

PenulisR24/hari


Loading...

loading...