riau24

Kabut Asap, Sepekan Penderita ISPA Mencapai 1.000 Lebih

Rabu, 11 September 2019 | 17:51 WIB
Grafik ISPA di Dumai/zal Grafik ISPA di Dumai/zal

RIAU24.COM -  DUMAI - Penderita penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan sejenisnya sejak sepekan mengalami pendekatan drastis akibat tingginya volume dan kadar kabut asap yang terjadi di kota Dumai.

Tercatat, sejak tanggal 1 hingga 7 September kemarin petugas Dinas Kesehatan mencatat ada 1.000 kasus penderita ISPA di Dumai. Diperkirakan sudah meningkat hingga menjadi 20-40 persen dalam waktu sepekan.

Kepala Dinas Kesehatan H. Paisal melalui Kasi pelayanan kesehatan primer dr Hafiz dalam pesan singkat WhatsApp mengatakan penderita ISPA meningkat drastis sejak beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA : Kepsek SMKN 1 Dumai Terima Reward Sekolah Adiwiyata di Rohil

"Meningkat hingga level 20-40 persen dalam sepekan, setidaknya ada 1.100 orang warga yang terkena Inspeksi Saluran atas" tulisnya.

Hafiz mengatakan, jumlah ini jauh berbeda dari pekan sebelumnya dimana dimana dalam kurun waktu 20 hari, hanya 1.800 orang terindap ISPA. Namun untuk pekan ini, diperkosa ada 900an kasus yang masuk di data dinas kesehatan.



BACA JUGA : Abrasi Kian Mengkhawatirkan, Wawako Dumai Ajak Warga Jaga Lingkungan

" Kalau dalam 1 minggu biasanya angka 900-an paling banyak jumlah kasusnya," tambahnya.

Informasi sebelumnya, sejumlah masyarakat Dumai terindap penyakit ISPA. Mereka yang terekna di dominasi ibu-ibu dan Anak-anak, untuk itu selama kondisi kabut asap masih tebal warga diminta agar mengurangi kegiatan di luar rumah.***


R24/phi/zal

 

PenulisR24/phi



Loading...