riau24

Peresmian Science Park Sekolah Binaan PT RAPP, Siswa Bermain sambil Belajar Fisika di Alam

Rabu, 11 September 2019 | 18:14 WIB
Siswa SD Global Andalan menjelaskan mengenai Globe raksasa yang menjelaskan mengenai gerak rotasi bumi, pergerakan siang dan malam dan menunjukkan perbedaan waktu./IST Siswa SD Global Andalan menjelaskan mengenai Globe raksasa yang menjelaskan mengenai gerak rotasi bumi, pergerakan siang dan malam dan menunjukkan perbedaan waktu./IST

RIAU24.COM -  PANGKALAN KERINCI - Menyediakan sarana pembelajaran bagi para siswa untuk menstimulasi rasa ingin tahu mereka terhadap sains, SD Global Andalan Estate Pelalawan membangun Pelalawan Science Park.

Taman Sains sekolah binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ini berisikan berbagai pengetahuan ilmu alam agar para siswa terasa seperti bermain dan belajar.

Kepala SD Global Andalan Estate Pelalawan Roslina Nurlince mengatakan di Pelalawan Science Park ini siswa dapat mengenal dan memahami ilmu alam. Pada taman tersebut terdapat sejumlah alat peraga seperti Globe raksasa yang menjelaskan mengenai gerak rotasi bumi, pergerakan siang dan malam dan menunjukkan perbedaan waktu. Kemudian ada ayunan di mana menggunakan prinsip bandul  dengan menggunakan gerakan harmonik sederhana.



BACA JUGA : Spanduk Sindir Pejabat Riau dan Protes Kabut Asap Bertebaran di Sudut Pekanbaru

“Kemudian terdapat proses bagaimana terjadinya gerhana bulan dan bermain dengan pipa suara. Pipa suara ini mengambil prinsip gelombang bunyi yang merambat melalui pipa. Pengerjaannya memakan waktu 1,5 bulan dan dikerjakan oleh siswa-siswi Paket C dan B,” jelasnya.

Ia mengatakan didirikannya taman ini agar siswa senang belajar ilmu alam yang selama ini tidak terlalu digandrungi para siswa.

Satu peserta belajar Paket C, Tarifman laya mengaku sangat senang dapat mencoba alat peraga di Pelalawan Science Park ini. Sembari mengerjakan, ia dan teman-temannya juga bisa belajar mengenai prinsip-prinsip fisika.



BACA JUGA : Kualitas Udara Pekanbaru Berbahaya, Mal Pekanbaru Buka Posko Dampak Asap

“Kami berterima kasih kepada RAPP yang telah memberikan kesempatan ini kepada kami untuk berkembang. Kami banyak tahu dan banyak belajar. Tidak ada yang tidak mungkin jika mau berusaha,” ucapnya.

Taman ini diresmikan oleh Chairman APRIL, Bey Soo Khiang pada Rabu (11/9/2019). Ia mengatakan Pelalawan Science Park ini sangat penting untuk pembelajaran para siswa sekolah. Menurutnya sains itu sangat penting. RAPP bisa berdiri hingga sekarang karena ilmu pengetahuan. Bagaimana RAPP mengubah kayu hingga menjadi kertas.

“Ini ide yang bagus dan menarik karena mengajak siswa mengenai ilmu alam. Adanya Pelalawan Science Park ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang baik untuk siswa dan menghasilkan siswa yang terbaik pula,” tuturnya.***


R24/phi/rls

PenulisR24/phi


Loading...

loading...

Terpopuler