riau24

Kisah BJ Habibie-Ainun, Cinta Sejati yang Dipersatukan Kembali Sejak di Dunia

Rabu, 11 September 2019 | 23:52 WIB
Habibie dan Ainun Habibie dan Ainun

RIAU24.COM -  Tidak hanya sebagai negarawan, sosok mantan Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, juga dikenal sebagai sosok yang sangat menyayangi istrinya, Hasri Ainun Besari.

Dalamnya rasa cinta Habibie kepada sang istri, bahkan telah diabadikan dalam sebuah film yang melegenda bertajuk Habibie & Ainun.

Sebelum wafat Rabu 11 September 2019 sore tadi, sejak beberapa tahun belakangan ini, kondisi kesehatan Habibie memang cenderung menurun. Terlebih sejak ditinggal almarhumah Ainun pada tahun 2010 lalu.

BACA JUGA : Kembali Ke Gerindra, Sandiaga Sebut Prabowo Minta Dia Kembali Jadi Wagub DKI

Tampaknya, takdir juga yang menetapkan, bahwa keduanya kembali akan bersatu, setidaknya di dunia yang fana ini. Jenazah Habibie, rencananya akan dimakamkan pada Kamis besok di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Lokasinya berdampingan dengan sang istri tercinta, Ainun. Tepatnya pada sektor 120-121.

Perihal rencana pemakaman Habibie yang berdampingan dengan Ainun, diungkapkan Mensesneg Pratikno. "Akan dimakamkan di sebelah almarhum Bu Ainun," ungkapnya, dilansir detik.

Sedangkan untuk upacara pemakaman, rencananya akan langsung dipimpin Presiden Joko Widodo.

"Insya Allah upacara akan dipimpin Bapak Presiden," tambahnya.

"Kami masih berkoordinasi dengan keluarga. Suasananya masih berduka, kita harapkan dalam waktu yang sangat singkat, malam ini sudah bisa ditentukan besok upacara pemakaman bisa jam berapa," ujarnya lagi, dilansir republika.

Dikatakan Pratikno, Presiden Jokowi sejak awal sudah meminta pihak Istana Kepresidenan untuk membantu seluruh perawatan Habibie.

"Presiden terus mengikuti sewaktu beliau dirawat, berkali-kali beliau besuk. Sore ini menjelang Magrib Pak Presiden juga besuk ke RSPAD," ujar Pratikno.



BACA JUGA : Unggah Foto Bareng Rocky Gerung, Mardani Ali Sera Serukan Tagar ini, Netizen Berkomentar

Sementara itu, usai takziah sore tadi, Presiden Jokowi menyampaikan kesannya mengenai sosok BJ Habibie semasa hidup. Baginya, Habibie merupakan negarawan yang patut dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat, terlebih bagi pemimpin negeri ini.

Jokowi ingat bahwa Habibie adalah mantan Presiden yang tak segan-segan memberikan solusi atas persoalan dan tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia, baik dalam hal ekonomi atau kebangsaan.

Bahkan, jelas Jokowi, Habibie tak segan untuk datang ke Istana demi memberikan pandangannya terhadap permasalahan bangsa.

"Ataupun saya yang datang ke rumah Pak BJ Habibie. Saya kira beliau adalah seorang negarawan yang patut kita jadikan contoh dan teladan dalam kehidupan," ujarnya.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani melalui keterangan resmi pada Senin (9/9/2019) menyebutkan Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. Habibie meninggalkan dua anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. ***

PenulisR24/wan



Loading...

Terpopuler