riau24

Sedikit yang Tahu, Ini Cerita Saat Almarhum BJ Habibie 'Jatuh Cinta' dengan Baju Melayu Riau

Kamis, 12 September 2019 | 10:55 WIB
Presiden ke-3 RI BJ Habibie mengenakan baju tradisional Melayu Riau berwarna kuning, saat peringatan HUT ke-73 RI bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara tahun 2018 lalu. Foto: int Presiden ke-3 RI BJ Habibie mengenakan baju tradisional Melayu Riau berwarna kuning, saat peringatan HUT ke-73 RI bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara tahun 2018 lalu. Foto: int

RIAU24.COM -  Mungkin jarang yang memberi perhatian khusus terhadap penampilan mantan Presiden ke-RI, BJ Habibie, saat Upacara 17 Agustus 2018 lalu di Istana Negara.  Dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut, almarhum BJ Habibie tampak tampil dengan mengenakan baju tradisional Melayu Riau berwarna kuning.

"Pakaian Melayu warna kuning yang dikenakan Pak BJ Habibie saat upacara 17 Agustus tahun 2018 di Istana Negara, dikirim dari Riau. Karena beliau sepertinya ‘jatuh cinta’ dengan baju itu,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, Yoserizal Zen, Rabu 11 September 2019 tadi malam, kepada antara.



BACA JUGA : Arnita Sari: 1000 Kepala Keluarga Sudah Datangi Posko Asap PKS Riau, 200 Menginap

Lalu, bagaimana ceritanya sehingga BJ Habibie 'jatuh cinta,' dengan baju itu? Yose kemudian menjelaskan, kisah itu berawal saat BJ Habibie menghadiri peringatan HUT ke-61 Provinsi Riau dan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23 tahun 2018.

Habibie yang ketika itu tengah berada di Riau, meminta langsung kepadanya bahwa dirinya ingin mengenakan pakaian Melayu berwarna kuning saat peringatan HUT RI nanti.

“Sebenarnya Pemprov Riau menyiapkan pakaian Melayu untuk Pak Habibie warnanya merah dan abu-abu," ujar Yose.

Ketika itu, tambahnya, BJ Habibie menghampiri dirinya lalu berkata, "Jose, Jose, kalau saya panjang umur tanggal 17 Agustus nanti saya akan kenakan pakaian Melayu Riau warna kuning," ujarnya mengenang perkataan Habibie.



BACA JUGA : Riau Masih Diselimuti Kabut Asap, Hotspot Masih Belum Hilang

Tanpa pikir panjang, permintaan itu langsung disampaikannya kepada Gubernur Riau yang ketika itu masih dijabat Arsyadjuliandi Rachman.

Begitu menerima laporan itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pun langsung memerintahkan untuk menyiapkan pakaian Melayu Riau untuk dikirim ke Jakarta.

"Alhamdulillah saat upacara 17 Agustus di Istana Negara, beliau memakai pakaian Melayu Riau yang kita kirim. Kenangan itu akan selalu saya ingat seumur hidup saya,” tambahnya.

Di samping bersyukur, Yoserizal Zen mengaku dirinya memang sempat terkejut saat mendapatkan foto BJ Habibie terlihat mengenakan pakaian Melayu berwarna kuning pada pelaksanaan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta.

Dalam foto tersebut, tampak Bapak Teknologi ini berdiri sejajar dengan presiden RI, Joko Widodo beserta tamu undangan lainnya.

Ia tidak menyangka ternyata Habibie benar-benar serius ingin mengenakan baju tradisional Melayu di Istana Negara. Baju itu tampak mencolok dengan warna kuningnya, lengkap dengan kain tenun Siak dan Tanjak yang menutupi kepalanya. ***

 

 

PenulisR24/wan


Loading...

loading...

Terpopuler