riau24

Menelusuri Bukit Piramida Jejak Kerajaan Kandis, Wisata Sejarah Kuansing

Jumat, 13 September 2019 | 11:49 WIB
Sekda Kuansing saat menyusuri Bukit Piramida Jejak Kerajaan Kandis/zar Sekda Kuansing saat menyusuri Bukit Piramida Jejak Kerajaan Kandis/zar

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN - Satu hal yang sangat menarik untuk disimak akhir akhir ini, ternyata Kabupaten Kuantan Singingi sangat kaya akan khasanah objek wisata, baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah.

Kalau Wisata Alam terdapat lebih kurang 30 buah Obyek Wisata Air Terjun seperti Danau dan Sumber Air Panas. Untuk Wisata Budaya lebih kurang 10 buah seperti Festival Pacu Jalur, Perahu Baghanduang, Perahu Kajang, Perahu Barondo, Silat Pangean, Mandi Balimau, dan Wisata Sejarah yang lebih dari 10 buah seperti Goa, Rel Kereta Api, Eks Kerajaan Kandis dan Dhamna.

Bahkan baru baru ini juga telah ditemukan sebuah Bukit berbentuk Piramida, yang terletak di kawasan hutan Desa Pantai Kecamatan Kuantan Mudik, saat ini telah viral dan semakin ramai dikunjungi warga.

BACA JUGA : Rumah Anggota PWI Pelalawan Hangus Terbakar, PWI Kuansing Langsung Galang Dana

Bahkan Bupati Kuansing, Drs. H Mursini, M.Si pada Kamis (12/9/19) lalu juga melakukan Kunjungan bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kop UKM Pindag, Camat, Polsek dan Koramil Kuantan Mudik. Begitu juga Sekda Kuansing Dr. Dianto Mampanini, SE. MT juga melakukan kunjungan beberapa waktu lalu.

Dari informasi yang berhasil dirangkum Riau24.Com dari berbagai sumber menyebutkan bahwa Bukit Piramida ini merupakan peninggalan Kerajaan Pinang Merah, yang merupakan bagian dari Kerajaan Kandis zaman dulu.

Melewati ketinggian yang cukup terjal dengan jalan setapak, Bupati Mursini dan rombongan akhirnya sampai di puncak bukit yang berbentuk piramid tersebut.

Bukit berbentuk piramid ini awalnya ditemukan oleh anggota Komunitas Pilot Drone Riau, yang juga Kelompok Tani Hutan (KTH) Pantai Indah Utama, Desa Pantai beberapa pekan lalu. Bukit Piramida ini seperti Piramida yang tersusun dari batu-batu dengan ukuran yang hampir sama besar.



BACA JUGA : Bupati Mursini Harapkan PKK-KB Kesehatan Bisa Jadi Acuan Kegiatan Gerak PKK

Namun sejak ditemukan hingga kini, belum dapat dipastikan apakah bukit yang berbentuk piramid itu mengandung nilai sejarah atau tidak, belum bisa dipastikan. Sebab pemerintah akan mengujinya melalui pihak yang berkompeten.

Terlepas dari segala klaim dan penyangkalan, Bukit Piramida yang terletak di Desa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik ini memang merupakan keunikan yang menarik untuk disambangi.***


R24/phi/zar

PenulisR24/zar



Loading...

Terpopuler