riau24

Antisipasi Penyakit Akibat Kabut Asap, PAGA Dumai Sebar 10 Ribu Masker

Rabu, 18 September 2019 | 11:27 WIB
Aksi bagi masker gratis yagn digelar jajaran PAGA Kota Dumai. Foto: ist Aksi bagi masker gratis yagn digelar jajaran PAGA Kota Dumai. Foto: ist

RIAU24.COM -  DUMAI- Kota pelabuhan Dumai, termasuk salah satu daerah di Riau yang mengalami kabut asap hingga tingkatan parah, sehingga dikhawatirkan berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Kondisi memantik rasa prihatin dari berbagai elemen masyarakat, untuk bersama-sama mengantisipasi penyakit yang muncul akibat kejadian itu.  

Salah satunya dilakukan Pemuda Agam (PAGA) Kota Dumai, dengan membagikan 10 ribu masker untuk masyarakat di kota pelabuhan tersebut. Aksi sosial itu digelar Selasa 17 September 2019 sore yang dipusatkan di beberapa titik. Di antaranya di bundaran depan Mapolres Dumai, Jalan Sudirman hingga Jalan Sultan Syarif Kasim.

Di beberapa titik tersebut, puluhan personil PAGA Dumai mendatangi para pengendara dan membagi-bagikan masker secara gratis.

BACA JUGA : Siap-siap, Kasatpol PP Dumai Sebut Bulan Depan Tim Yustisi Razia KTP

Menurut Ketua PAGA, Bambang Irawan ST Sutan Cumano, aksi bagi-bagi masker ini dilakukan PAGA sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Dumai, terutama anak-anak dan ibu-ibu yang rentan kena penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap.

"Kita ingin berbagai dengan masyarakat Dumai, dengan harapan masyarakat Dumai terhindar dari penyakit yang bisa terjadi akibat kabut asap yang tidak baik bagi pernapasan," lontarnya.



BACA JUGA : Dihadiri Walikota Zulkifli AS, Pimpinan DPRD Dumai Resmi Dilantik

Hal senada juga disampaikan Sekretaris PAGA Arizal Rahman Sutan Pangulu. Rizal sapaan akrabnya menyampaikan aksi ini tidak ada persiapan khusus, melainkan hanya kordinasi sejumlah anggota saja, selanjutnya pengurus berkorelasi satu dengan yang lain.

"Kegiatan ini tidak ada persiapan khusus, namun Alhamdulillah, anggota dan pengurus setuju, tidak berlama-lama kita langsung aksi," ujarnya didampingi Ketua Harian PAGA Hendra Zulfi Sutan Majaro

Selain PAGA, turut serta elemen keluarga agam lain yang turut mensukseskan aksi ini, seperti Bundo Kanduang dan niniak mamak Agam. ***

PenulisR24/phi



Loading...