riau24

Bupati dan Kapolres Kuansing Ikut Berjibaku Padamkan Api di Pucuk Rantau

Kamis, 19 September 2019 | 22:55 WIB
Petugas gabungan berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di Kecamatan Pucuk Rantau, Kuantan Singingi. Petugas gabungan berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di Kecamatan Pucuk Rantau, Kuantan Singingi.

RIAU24.COM -  KUANTAN SINGINGI-Bupati Kuantan Singingi H Mursini dan Kapolres Kuansing AKBP Muhammad Mustofa, turun tangan langsung dan ikut berjibaku memadamkan kebakaran lahan.

Kebakaran lahan itu terjadi di jalan poros Desa Muaro Tiu menuju Jalan Poros Desa Sitiang, Kecamatan Pucuk Rantau, Rabu (18/9) kemarin.

Di kawasan itu, lahan yang terbakar sekitar kurang lebih 60 hektare. Dari jumlah itu, sebanyak 10 hektare merupakan lahan perkebunan sawit milik masyarakat. Sisanya seluas 40 hektare berupa lahan semak belukar yang berbatasan dengan lahan PT TBS.

BACA JUGA : Kunker ke PT TAL, DPRD Kuansing Minta Berbagai Persoalan Harus Segera Dituntaskan

"Dari laporan yang kita terima, ada kebakaran lahan di wilayah hukum kita. Jadi kita langsung turun ke lapangan bersama-sama memadamkan api," terangnya.

Di lokasi kebakaran, warga sekitar dan pihak perusahaan juga ikut turun tangan memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat  Damkar milik PT TBS.

Saat ini, tambahnya, areal yang terbakar sudah bisa dipadamkan. Pihaknya juga telah memasang police line guna memberi peringatan bahwa lahan itu dalam pengawasan dan penyelidikan Satreskrim Polres Kuansing.

"Api sudah bisa dipadamkan. Tapi untuk langkah antisipasi supaya api tak muncul lagi, petugas masih kita siagakan di lokasi," tambahnya.



BACA JUGA : BPKAD Kuansing Sesalkan Banyak Kendaraan Dinas Kades Nunggak Pajak

Sementara itu, Bupati Kuansing Mursini mengatakan, penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama. Karena itu, ia mengimbau segenap elemen masyarakat di Kuansing bersama-sama menjaga lingkungan masing-masing agar kejadian serupa tidak terulang lagi. ***

PenulisR24/zar



Loading...