riau24

Viral, Sedang Padamkan Lahan Terbakar di Indragiri Hulu, Petugas Temukan Hewan Aneh Ini

Jumat, 20 September 2019 | 11:05 WIB
Penampakan tubuh ular yang tampak memiliki kaki pada bagian ekornya. Penemuan hewan ini tengah viral di dunia maya. Foto; int Penampakan tubuh ular yang tampak memiliki kaki pada bagian ekornya. Penemuan hewan ini tengah viral di dunia maya. Foto; int

RIAU24.COM -  Peristiwa yang jarang terjadi, ditemukan petugas gabungan saat memadamkan lahan yang terbakar di Kabupaten Indragiri Hulu. Ketika itu, petugas menemukan seekor ular berukuran lumayan besar, yang sudah mati akibat terbakar. Namun ada yang penampakan ular itu jadi berbeda, yakni pada bagian ekornya tampak seperti ada dua kaki.

Dalam rekaman video berdurasi 2 menit 7 detik yang kini beredar di dunia maya, ular tersebut tampak memiliki dua kaki di bagian ekor. Jenisnya seperti King Kobra karena ukurannya cukup besar dan panjang. Ketika ditemukan. bintang melata itu sudah mati akibat terbakar. Sebagian badannya sudah hangus. Sedangkan di lokasi kejadian, asap bekas pemadaman, masih tampak mengepul.

BACA JUGA : BEM UNRI Demo Kantor DPRD Riau, Ini 5 Tuntuanya

Terkait temuan itu, salah seorang anggota Manggala Agni Daops Rengat, Maidi, membenarkan hal itu.

"Ya, ular berkaki ditemukan mati di Desa Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu. Itu (ular) ditemukan di lahan masyarakat yang terbakar," terangnya, Kamis (19/9/2019) malam tadi, dilansir kompas.

Menurutnya, ular tersebut ditemukan petugas dari TNI AD  Kodim 0302/Inhu, pada Rabu (18/9/2019) malam. Ketika itu, prajurit TNI masih bertugas di lokasi yang terbakr hingga malam hari. Sedangkan tim dari Manggala Agni Daops Rengat, terlebih dahulu pulang.

"Tim kami pulang duluan, karena sudah malam. Ternyata tim TNI menemukan ular berkaki mati di lokasi. Aku pun kaget setelah nengok videonya. Karena jarang ada ular berkaki," ujarnya lagi.



BACA JUGA : Mahasiswa FTIK Unisi Ikuti Workshop Dramatic Manipulation

Bukan Kaki
Terpisah,  alhi herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy menegaskan, itu bukan ular berkaki tapi hemipenis ular.

"Itu bukan kaki, itu adalah hemipenis dari ular ya. Hemipenis itu alat kelamin ular jantan," terangnya, Jumat 20 September 2019.

Lebih lanjut, Amir menjelaskan, semua jenis ular jantan memiliki hemipenis. Berbeda dengan pria yang memiliki satu penis, ular jantan memiliki dua hemipenis yang terletak di pangkal ekor.

"Semua ular jantan punya hemipenis, jadi ini bukan kejadian langka atau yang wah," kata dia.

Untuk diketahui, hemipenis ular akan keluar pada saat ular kawin, saat ular masih hidup kemudian dipencet maka hemipenis juga bisa keluar, atau saat mati karena terbakar seperti yang ditemukan di Indragiri Hulu tersebut. ***

 

PenulisR24/wan



Loading...