riau24

Bombastis, Tour De Siak 2019 Sukses Diselenggarakan

Senin, 23 September 2019 | 10:20 WIB
Potret saat perlombaan Etape ke Empat Berlangsung Potret saat perlombaan Etape ke Empat Berlangsung

RIAU24.COM -  SIAK- Ivent Balap sepeda Tour De Siak 2019 dibuka oleh Gubernur Riau Syamsuar Rabu Malam 18 September 2019 kemarin, di Gedung Daerah Sultan Syarif Khasim mal puncak perhelatan Grand Opening Ceremony balap sepeda Tour de Siak 2019 dibuka oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi . 

Bupati Siak Alfedri kemudian menyebut, TdS sudah masuk dalam 100 Top Pariwisata di Indonesia. Lantaran itulah Kemenpar mendukung penuh TdS itu.

"Tour de Siak 2019, memasuki tahun ke 7 dan masuk dalam 100 kalender pariwisata, dengan event Tds ini mudah-mudahan Siak dapat diperkenalkan hingga ke Mancanegara" ujar Alfedri.

Selain itu , Alfedri mengatakan pada Tour de Siak 2019 kali ini di ikuti sebanyak 55 orang dari 11 Team Cycling yang mengikuti perlombaan sebanyak 4 etape dan sedikit ada perubahan jalur etape yang akan dilewati oleh peserta yakni melewati tempat-tempat wisata dan bersejarah.

"Peserta melewati 4 etape dengan panjang jarak tempuh 542 kilometer, dengan sedikit ada perubahan etape yang akan dilalui oleh peserta lomba nanti melewati tempat wisata dan sejarah," kata Alfedri.

TdSi 2019 diikuti 11 tim dari 14 negara. Delapan tim berasal dari luar negeri; KGB Cycling Team, Terengganu Cycling Team (Malaysia), Global Cycling Holland, Valovit Australia, Foolad Mobarakeh Sepahan (Iran), Nex CCN Cycling Team (Filipina), Kinan Cycling Team (Jepang) dan Go For Gold Cycling Team (Filipina). Dari dalam negeri ada tiga tim; BSP Siak, KFC Cycling Team dan Indonesia National Team. Total pebalap ada 55 orang. Untuk nomor kecil diberikan kepada pebalap dalam negeri dan nomor besar, luar negeri .

Pada Etape pertama Kamis 19 September 2019, dengan rute Siak - Dayun - Mempura pada pukul 14.00 WIB,  berhasil di kuasai oleh pembalap asal Malaysia berasal dari team TCT  Nur Amirul  Fakhruddin yang berhasil menyentuh garis Finish yang berada di jalan raja kecik depan RSUD Siak dengan catatan waktu 01:17:08 detik.

Disusul yang dengan posisi kedua yakni pembalap asal dari Team SEPAHAN GCH atas nama  Mohammad Gajkhanlou dengan catatan waktu 01:17:08 detik kemudian untuk posisi ketiga diperoleh pembalap asal Filivina Stephan Bakker dari tim GCH dengan catatan waktu 01:17:08 detik.

Etape kedua  Jum' at 20 September 2019, Para pebalap memulai Start pada sekitar pukul 13.30 di depan Istana Siak dan kemudian menyentuh garis Finish pukul 16.45 WIB yang berada di depan RSUD Tengku Rafi'an Jalan Raja Kecik.

Selain itu, Posisi kedua di raih oleh pembalap asal Malaysia NEX, Soda James Mendoza 

Kemudian, posisi ketiga kembali di raih oleh tim asal  Indonesia KFC, Abdul Gani.

Sedangkan untuk Etape Ke Tiga Sabtu 21 September 2019, Para pembalap melepas Start pada pukul 09.05 Wib , namun mengingat kondisi asap yang cukup tebal para pembalap hanya menyelesaikan pertandingan sepanjang 20 km dan diberhentikan dengan pertimbangan jarak pandang dan kesehatan

Sementara itu, Minggu 22 September 2019 Etape keempat dengan rute berkeliling Siak kota, para pembalap melepas start pada pukul 13.00 ,

Muhamad Fatoni,  berhasil melahap lintasan Siak City Race atau keliling Kota Siak Sri Indrapura dengan jarak tempuh 102 kilometer (dalam enam lap) dengan catatan waktu 2 jam, 20 menit, 31 detik.
Jarak ini lebih pendek 34 kilometer dari rencana semula 136 kilometer ulah kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang merembet ke Siak.

Posisi kedua ditempati oleh Mohd Harrif Saleh dari tim Terengganu Cycling Team Malaysia dan posisi ketiga Aidan James Mendoza dari tim Nex CCN Cycling Team Singapura.

Sebetulnya 40 dari 53 pebalap yang berlaga di etape ini sampai digaris finish dengan catatan waktu yang sama. Yang membedakan cuma pada catatan sprint. Fathoni mendapat bonus 11 second, Mohd Harrif 06 second dan Aidan 04 second.

Malam harinya Closing Ceremony Tour De Siak 2019, ditutup oleh Bupati Siak , Minggu 22 September 2019 di Gedung Sultan Syarif Khasim II, Minggu, 22 September 2019.

"Tour De Siak memang kita jadikan sebagai strategi investasi promosi daerah,yang mana diharapkan nantinya Siak semakin dikenal dunia" ujarnya.

Selain itu, Alfedri juga mengatakan  Sebagai daerah tujuan wisata yang maju di Sumatra event tour siak sebagai promosi pariwisata. Berbagai upaya kita lakukan agar untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Kabupaten Siak melalui Sport tourism dan juga event lain yang kita adakan di Kabupaten Siak. (Lin)

PenulisR24/lin



Loading...
Loading...