riau24

Lestarikan Warisan Budaya, Dekranasda Siak Gelar Festival Batik

Rabu, 09 Oktober 2019 | 19:00 WIB
Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan, kegiatan ini adalah Festival Batik Siak dalam rangka melestarikan warisan budaya bangsa (foto/lin) Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan, kegiatan ini adalah Festival Batik Siak dalam rangka melestarikan warisan budaya bangsa (foto/lin)

RIAU24.COM -  SIAK- Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober dan Hari Jadi Kabupaten Siak ke 20 menjadi momen istimewa bagi pelajar SMA dan Taman Kanak-kanak Siak. 

Kegiatan yang berlangsung di Taman Tengku Agung pada Rabu, 09 Oktober 2019, tersebut disambut antusias para peserta. 

BACA JUGA : Hadapi Pilkada 2020, Partai Demokrat Buka Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati Siak



Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan, kegiatan ini adalah Festival Batik Siak dalam rangka melestarikan warisan budaya bangsa. 

"Kegiatan ini dalam rangka mengenalkan sekaligus mempromosikan batik Siak pada masyarakat luas," kata Rasidah. 

Selain itu kata dia, sekaligus mengenalkan motif batik kepada anak-anak usia Paud maupun pelajar SMA untuk melestarikan budaya bangsa, khususnya batik Siak.



BACA JUGA : Pemkab Siak Harapkan Pembahasan RAPBD 2020 Selesai Tepat Waktu



Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam kegiatan tersehut digelar sejumlah jenis perlombaan. Seperti, desain motif batik, , membatik masal untuk pelajar dan anak-anak paud serta lomba fashion show. 

Salah seorang peserta Tengku Nova Ilsya kelas 12 SMAN 2 Siak mengaku gugup sekaligus senang karena dapat pengalaman baru yaitu membatik. "Ternyata membatik itu sangat menyenangkan, saya pikir tadinya sulit," ujarnya.

Motif yang ia kerjakan dominan warna merah yang ternyata warna kesukaannya. "Merah ini melambangkan keberanian," sebut Nova malu-malu. 

Menurut Putri Ningsih guru bidang studi Seni Budaya SMA 2 Siak menambahkan, kegiatan seperti ini sangat positif sekali untuk para pelajar, terutama untuk murid-muridnya.

"Ini bagus ya, bisa melatih kesabaran anak-anak sekaligus bisa mengenalkan warisan budaya bangsa" ujarnya. (R24/Lin)

PenulisR24/lin



Loading...