riau24

Triwulan ke II Ekonomi Riau Masih Melambat, ini Penyebabnya

Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:35 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau, Decymus mengatakan, perekonomian Provinsi Riau pada Triwulan II 2019 masih melambat dari 2,87% (yoy) pada triwulan I 2019 menjadi 2,80% (yoy) pada triwulan II 2019.

Dia menjelaskan, dari sisi penggunaan, perlambatan pertumbuhan ekonomi Riau bersumber dari konsumsi pemerintah. "Hal tersebut didorong oleh meredanya intensitas pengeluaran belanja Pemilu yang telah terlaksana pada awal triwulan II 2019," kata Decymus di Pekanbaru, Kamis, 10 Oktober 2019.
BACA JUGA : Jokowi Tarik Gerindra Ke Pemerintahan, Hidayat Nur Wahid: Ini Aneh

Tak hanya disitu aja, perlambatan tersebut juga dikarenakan menurunnya total APBD Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Riau tahun 2019 sekitar 2,3% dibandingkan APBD tahun 2018.

Ditambah lagi, perlambatan juga terjadi dari sisi lapangan usaha bersumber dari industri pengolahan, konstruksi, dan kontraksi pertambangan akibat natural declining. Melambatnya pertumbuhan industri pengolahan dipengaruhi berlalunya aktivitas Pemilu.


BACA JUGA : ICW Prediksi Pemerintahan Jokowi Jilid Dua Bakal Hadapi Kutukan

"Pada triwulan I 2019, aktivitas Pemilu cukup signifikan mendorong permintaan produksi kertas, pencetakan, dan makanan minuman," kata dia lagi.

Sementara itu, kata dia lagi, melambatnya kinerja konstruksi dipengaruhi oleh berkurangnya intensitas konstruksi akibat banyaknya hari libur, dan telah berlalunya carry over penyelesaian 3 (tiga) infrastruktur strategis di Riau yaitu Jembatan Siak IV, Flyover SKA, dan Flyover Arengka.

PenulisR24/ibl



Loading...

Terpopuler