riau24

Inspektorat Periksa Dinas Lingkungan Hidup Pelalawan, Adakah Kaitan Dengan Kasus Karhutla?

Kamis, 10 Oktober 2019 | 17:20 WIB
Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau beberapa waktu lalu (foto/amri) Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau beberapa waktu lalu (foto/amri)

RIAU24.COM -  PELALAWAN- Inspektorat Kabupaten Pelalawan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan. Tim auditor inspektorat mulai masuk sejak kemarin, Rabu (9/10/2019).

Audit yang dilakukan ditahun berjalan ini, menjadi tanda tanya. Apakah ada kaitannya, dengan kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pemeriksaan Bupati Pelalawan HM Harris Kamis Pekan lalu oleh Mabes Polri.

BACA JUGA : Bupati Pelalawan HM Harris Ingatkan OPD Harus Bekerja Maksimal Sebagai Tim



Sumber Riau24.com menyebutkan, pemeriksaan oleh inspektorat ini, adalah audit rutin. Namun katanya, masalah rekomendasi dan dokumentasi lingkungan, menjadi hal pertama yang audit.

"Tim audit inspektorat sudah masuk sejak kemarin pagi. Rekomendasi dan dokumentasi lingkungan, hal pertama yang diaudit," jelas sumber ini.

Sumber ini juga tak membantah, audit rekomendasi dan dokumentasi lingkungan itu, ada kaitan dengan kejadian karhutla di beberapa perusahaan.



BACA JUGA : Waspada, Sudah Tiga Warga Kuala Kampar Terserang Demam Berdarah



"Jelas ada. DLH kan OPD yang diberikan kewenangan untuk melakukan monitoring dan pengawasan lingkungan secara rutin terhadap perusahaan di Kabupaten Pelalawan," kata pejabat eselon 3 ini.

Kepala Inspektorat Kabupaten Pelalawan membantah, jika audit yang dilakukan pihaknya hanya terkait kasus Karhutla. "Ini audit rutin. Sama terhadap OPD lain. Tak ada kaitannya dengan itu (karhutla)," tegas M Irsyad, Kepala Inspektorat Pelalawan kepada Riau24.com, Rabu (9/10/2019) kemarin.

Irsyad juga menjelaskan, 4 aspek yang menjadi objek audit oleh inspektorat. Yakni, keuangan, sarana dan prasara, SDM dan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) OPD.

"Itu sama dengan OPD lainnya. Tak ada yang istimewa atau yang lain, dengan audit kita saat ini di DLH itu," sebutnya.

PenulisR24/ardi



Loading...