riau24

Edwin Pratama Minta Amandemen UUD Harus Bisa Perkuat DPD RI

Rabu, 16 Oktober 2019 | 21:01 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau, Edwin Pratama Putra (foto/bisma) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau, Edwin Pratama Putra (foto/bisma)

RIAU24.COM -  JAKARTA- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau, Edwin Pratama Putra menyebutkan, rencana amandemen kelima harus memperkuat lembaga DPD. Hal ini untuk mengakhiri bahwa  lembaga hasil reformasi itu hanya sebagai pelengkap wilayah legislatif.

BACA JUGA : Pernah Berseberangan, MUI Kini Bela Ahok jadi Bos BUMN



"Saat mengakhiri era di mana DPD RI hanya sebagai pelengkap dan penghias parlemen. Kita (anggota DPD RI) ini dipilih rakyat secara langsung untuk menjaga hak-hak mereka. Oleh karena itu konstitusi harus menguatkan peran kita," ujarnya, Rabu (16 Oktober 2019).

Untuk itu, kata Edwin, senator yang menjadi pimpinan MPR RI harus berani dan tegas menyuarakan amanden konstitusi untuk menguatkan DPD RI. "Dan mampu menggalang dukungan publik," tuturnya.

Memang untuk bisa mengwujudkan hal itu terjadi, Edwin menyebutkan adalah beberapa pra syarat. Pertama, adanya tenaga ahli yang handal untuk para senator. "Kemudian yang paling penting adalah peran media. Peran media ini jangan dikesampingan, karena selama ini kan masih inisitaif media untuk mencari informasi sendiri. Jadi perlu wadah khusus untuk kawan kawan media," tandasnya.



BACA JUGA : Gempa 7.1 SR Berpotensi Tsunami Guncang Sulawesi Utara



Hal yang lain yang perlu dilakukan secara personal anggota DPD kata Edwin, yakni harus bisa kreatif untuk menjalin komunikasi dengan eksekutif. "Dan saya rasa anggota DPD sekarang bisa dan mampu," pungkasnya. (R24/Bisma)

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...