riau24

Pemkab Inhil Gelar Karnaval Budaya, Bupati HM Wardan Dukung Pelestarian Kearifan Lokal

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 14:38 WIB
Dalam rangka mengenal dan mendukung melestarikan budaya lokal Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Karnaval Budaya (foto/rgo) Dalam rangka mengenal dan mendukung melestarikan budaya lokal Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Karnaval Budaya (foto/rgo)

RIAU24.COM -  INHIL- Dalam rangka mengenal dan mendukung melestarikan budaya lokal Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Karnaval Budaya. Kegiatan itu berlangsung di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Sabtu 19 Oktober 2019.

Dalam kegiatan Karnaval Budaya yang dibuka secara resmi oleh Bupati Inhil HM Wardan tersebut mengangkat tema "Keragaman Budaya di Negeri Hamparan Kelapa Dunia". 

BACA JUGA : Tim Dalwaslat Korem 031/Wira Bima Kunjungan Kerja ke Kodim 0314/Inhil



Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya menuturkan bahwa agar tetap bertahan di masa sekarang dan dimasa yang akan datang serta tidak tergerus oleh derasnya arus globalisasi dan modernisasi, salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui karnaval kebudayaan Kabupaten tahun 2019 ini.

"Karena kebudayaan kabupaten tahun 2019 ini sejatinya dimaksudkan bukan hanya untuk memperkenalkan, melestarikan dan meningkatkan kecintaan masyarakat, terutama generasi muda terhadap beragam budaya saja. Akan tetapi karena kebudayaan ini juga diharapkan bisa menjadi momentum yang memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa khususnya masyarakat yang heterogen yang terdiri dari beragam etnis agama dan budaya," sebut Bupati.



BACA JUGA : Bawaslu Inhil Rapat Koordinasi Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2019



Senada dengan itu, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal menuturkan bahwa Inilah Indonesia, keanekaragaman suku bangsa di Indonesia sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. 

Hal ini tercermin dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa.


‘’Even-even seperti ini harus terus kita dukung dan galakkan sebagai wujud pelestarian budaya bangsa, terlebih lagi Kabupaten Inhil sebagai daerah yang mempunyai begitu banyak keragaman suku, bahasa, adat istiadat. Dengan adanya kegiatan seperti ini kita akan selalu support dan kedepannya terus dapat dilaksanakan,’’ ujar Dandim 0314/Inhil. (R24/Rgo)

PenulisR24/rgo



Loading...
Loading...