riau24

Kim Jong-un Buang Fasilitas Korea Selatan di Gunung Kumgang Korea Utara

Rabu, 23 Oktober 2019 | 13:43 WIB
Pimpinan Korea Utara, Kim Jong-un buang fasilitas Korea Selatan di Gunung Kumgang (foto/int) Pimpinan Korea Utara, Kim Jong-un buang fasilitas Korea Selatan di Gunung Kumgang (foto/int)

RIAU24.COM - Rabu 23 Oktober 2019, Heboh kabar Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un 'membuang' fasilitas Korea Selatan (Korsel). Fasilitas itu berlokasi di resor wisata Gunung Kumgang, Korea Utara (Korut).

Kim Jong-un beralasan fasilitas Korea Selatan (Korsel) harus disingkirkan dan dibangun ulang dengan metode Korea Utara (Korut) yang lebih modern. Hal itu disebutkan kantor berita Korea Utara, KCNA pada Rabu, 23 Oktober.

BACA JUGA : Misterius, Ribuan Burung Tiba-tiba Mati Dekat Danau Air Asin di India



Sebagai informasi Gunung Kumgang, bersama dengan zona industri Kaesong, adalah dua proyek ekonomi utama antar-Korea dan simbol kerja sama antara Korea Utara dan Korea Utara.

Saat memeriksa tempat wisata di pantai timur Korea Utara itu, Kim Jong-un mengatakan bahwa memandang Gunung Kumgang sebagai simbol hubungan Utara-Selatan adalah "gagasan keliru". Dia menggarisbawahi bahwa resor itu adalah wilayah Korea Utara, dan pariwisata di sana harus tidak berada di bawah kendali Korea Selatan (Korsel).



BACA JUGA : Mahasiswa Mulai Persenjatai Diri, Lempar Molotov Hingga Anak Panah ke Arah Polisi



"Kami akan selalu menyambut rekan-rekan kami dari selatan jika mereka ingin datang ke Gunung Kumgang setelah dibangun dengan luar biasa sebagai tujuan wisata tingkat dunia," kata Kim Jong-un seperti ditulis Reuters, Rabu (23/10/2019).

Memang warga Korea Selatan (Korsel) diizinkan mengunjungi Gunung Kumgang sejak 1998 melalui laut dan dari 2003 melalui darat. Tapi dengan perusahaan Korea Selatan (Korsel) seperti Hyundai Asan Corp berinvestasi di resor wisata itu.

Namun Korea Selatan (Korsel) menangguhkan kunjungan ke Gunung Kumgang pada 2008. Hal itu gara-gara seorang tentara Korea Utara (Korut) menembak mati seorang turis Korea Selatan (Korsel) yang telah tanpa sadar memasuki wilayah militer.

Fasilitas yang didanai Korea Selatan (Korsel) tetap ada sejak saat itu. Namjn tur dari Korea Selatan (Korsel) belum diteruskan di tengah sanksi internasional yang berusaha memaksa Korea Utara (Korut) untuk menghentikan program senjata nuklirnya.

KCNA melaporkan bahwa Kim Jong-un mengkritik "kebijakan keliru para pendahulu" yang bergantung pada orang lain untuk mengembangkan tempat wisata itu. Kim Jong-un bahkan menyebut Gunung Kumgang harus dijaga sebagai bagian dari daerah wisata yang lebih besar yang mencakup gunung dan daerah wisata pesisir Wonsan-Kalma.

Wonsan-Kalma merupakan proyek pengembangan besar yang didorong oleh Kim sejak berkuasa. Kim Jong-un juga menyebut bahwa Korea Utara (Korut) meminta persetujuan dengan pihak berwenang Korea Selatan (Korsel) terkait penghapusan fasilitas tersebut. (Riki)

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...