riau24

Tak Terima Jatah Menteri di Kabinet Indonesia Maju, Demokrat akan Berdiri di Mana?

Kamis, 24 Oktober 2019 | 00:20 WIB
Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan

RIAU24.COM -  Sempat digadang-gadang bakal bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, namun ternyata tidak ada satu kader Partai Demokrat yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju. Pertanyaan pun merebak, akan di mana Partai Demokrat berdiri setelah kabinet dikukuhkan, apakah masih akan mendukung Jokowi atau berbalik arah menjadi oposisi.

Terkait hal itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, melalui keterangan persnya mengatakan, pihaknya menghormati keputusan politik Presiden Jokowi yang tidak menyertakan Partai Demokrat dalam jajaran pemerintahannya.

BACA JUGA : Pilih Bergabung, Partai Berkarya tak Ingin PKS Jadi Oposisi Sendirian

"Partai Demokrat meyakini bahwa keputusan Presiden Jokowi untuk tidak menyertakan Partai Demokrat memilih niat dan tujuan yang baik," kata Hinca dalam keterangan persnya, Rabu (23/10/2019) tadi malam.

Dilansir republika, Hinca mengatakan, pihaknya mengerti sepenuhnya bahwa penyusunan kabinet adalah hak dan kewenangan (prerogatif) Presiden yang tidak dapat dipengaruhi pihak mana pun.

Pihaknya juga berharap Kabinet Presiden Jokowi sukses dalam mengemban tugas-tugasnya, sesuai dengan harapan rakyat dan janji-janji kampanye yang disampaikan dalam Pemilu 2019 yang lalu.



BACA JUGA : Ditolak PDIP Surakarta Jadi Calon Walikota, Gibran Malah DIbela Tokoh Yang Getol Kritik Jokowi

Segera Ditentukan
Sementara itu, terkait posisi Partai Demokrat setelah kabinet dikukuhkan, Hinca mengatakan hal itu akan ditentukan kemudian.

Pada saatnya, Ketua Umum Partai Demokrat SBY, akan menyampaikan secara resmi kepada seluruh jajaran partai, baik di pusat maupun daerah.

"Pada prinsipnya Partai Demokrat ingin berperan dan berkontribusi agar pemerintahan Presiden Jokowi sukses dalam mengemban amanahnya," ujarnya lagi. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...