riau24

Diskes Bengkalis Launching Pos Bindu, Ini Tujuannya

Minggu, 03 November 2019 | 17:08 WIB
Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen melaksanakan berbagai upaya kesehatan untuk mencapai tujuan derajat kesehatan masyarakat yang optimal (foto/int) Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen melaksanakan berbagai upaya kesehatan untuk mencapai tujuan derajat kesehatan masyarakat yang optimal (foto/int)

RIAU24.COM - BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen melaksanakan berbagai upaya kesehatan untuk mencapai tujuan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Sebagaimana disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukiminin, SE., MM dalam berbagai kesempatan.

BACA JUGA : Viral Video Oknum ABK Kapal Ferry MV Mulia Kencana Buang Sampah Sembarangan ke Laut



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar mengatakan, pelayanan yang dilaksanakan meliputi upaya preventif, upaya promotif, upaya kuratif dan upaya rehabilitatif di puskesmas-puskesmas dan RSUD pemerintah.

Kegiatan itu menindaklanjuti kebijakan Bupati Bengkalis melalui Kepala Dinas Kesehatan dr Ersan Saputra, TH bersama jajarannya telah berupaya maksimal untuk melaksanakan seluruh aspek upaya kesehatan masyarakat dengan mengedepankan kualitas pelayanan.



BACA JUGA : Kesbangpol Riau Taja P4GN di Bengkalis Soal Bahaya Narkoba, Ini Tanggapan BIN TNI dan Polri



"Salah satu upaya  kesehatan yakni pencegahan dan Pengendalian Penyakit, baik Penyakit Menular maupun Penyakit Tidak Menular, seperti Jantung Koroner, Diabtes Mellitus, Stroke, Hipertensi, Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara, pihaknya telah Launching (meluncurkan) pos binaan terpadu (Posbindu) Institusi Penyakit Tidak Menular (IPTM) di SMA Negeri 2 Bengkalis," ungkap Alwizar, Minggu 3 November 2019.

Diutarakan Alwizar, kegiatan yang di lakukan Diskes Bengkalis seperti, senam dan makan buah bersama, terus penyuluhan tentang manfaat makan sayur dan buah  serta tentang Kanker Payudara oleh Kader Posbindu di SMA, Penyuluhan tentang peran dan fungsi Posbindu PTM oleh Kepala seksi PTM dan Kesehatan Jiwa, Nurbaiti Johan, SKM.

"Ada 4 orang siswa yang merupakan kader Posbindu yang kita berikan sertifikat," ujarnya seraya mengatakan langsung melounching Pos Bindu dan  diakhiri dengan melakukan pemeriksaan Asam Urat, Gula Darah, Tekanan Darah dan Kolesterol terhadap 100 orang sasaran yakni Guru dan Siswa SMA Negeri 2 Bengkalis.

Lanjut Alwizar, kenapa SMA Negeri 2 ini kita launching Posbindu perdana karena Guru UKS nya sudah dilatih oleh Provinsi, jadi launching ini adalah tindak lanjut dari pelatihan yang mereka ikuti beberapa waktu  lalu di Pekanbaru dan nanti akan dibentuk Posbindu di SLTA sederajat dan di institusi-institusi pemerintah di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis. 

"Adapun tujuan program Posbindu ini di bentuk untuk mengatasi Gangguan Obesitas, Gejala Diabetes Mellitus, Hipertensi dan Perilaku Merokok Pada Siswa, Dewan Guru dan Karyawan Sekolah," pungkasnya. (R24/Hari)

PenulisR24/hari



Loading...

Terpopuler

Loading...