riau24

Cek Enam Pintu Air, Kombes Badaruddin Ingatkan Warga Tepian Jangan Buang Sampah Ke Sungai Siak

Senin, 04 November 2019 | 16:02 WIB
Ditpolarud Polda Riau Kombes Pol Badaruddin. Foto. Amri Ditpolarud Polda Riau Kombes Pol Badaruddin. Foto. Amri

RIAU24.COM - Perubahan musim kemarau ke musim hujan di sejumlah Provinsi Riau diperkirakan akan menimbulkan permasalahan baru, yakni bencana banjir.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Direktur Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Riau Kombes Pol Badaruddin mengecek beberapa titik pintu air di sepanjang Sungai Siak.

BACA JUGA : Peringati Hari Kesehatan Nasional dan HUT IKBR, Eka Hospital Pekanbaru Gelar Aksi Donor Darah

"Ada enam pintu air yang mengarah ke pemukiman warga, saat air sungai meluap pasti lewat jalur itu. Maka kami harus pastikan saluran air berfungsi dengan baik," kata Badarudin pada Riau24.com.

Dengan mengemudikan Speed Boat Kombes Pol Badarudin bersama personilnya menyusuri Sungai Siak untuk memastikan pintu air tersebut tidak terdapat tumpukan sampah yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir.

"Hal seperti ini akan dilakukan di seluruh wilayah di Riau yang rawan banjir dan kami juga mempersiapkan satu taktikal, dua RIB, empat perahu karet, kalau kurang kami tambah lagi. beberapa set alat selam, dan dua regu tim SAR, 20 personel untuk membatu masyarakat jika terjadi banjir," terangnya.



BACA JUGA : Danlanud Rsn Buka Kejuaraan Marching Band Bertaraf Internasional

Menurutnya, lebih baik melakukan pencegahan dan berjaga-jaga daripada tidak memiliki persiapan sama sekali akan potensi terjadinya banjir. "Istilahnya, Sedia payung sebelum hujan, daripada tidak siap," sebutnya.

Kombes Badaruddin juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai untuk tidak membuang sampah, sebab sampah menjadi salah satu penyebab banjir karena drainase tersumbat.

PenulisR24/amri



Loading...
Loading...