riau24

Turki Tangkap Kakak Perempuan Abu Bakr al-Baghdadi

Selasa, 05 November 2019 | 09:33 WIB
Abu Bakr al-Baghdadi (net) Abu Bakr al-Baghdadi (net)

RIAU24.COM -  Pasukan Militer Turki dilaporkan berhasil menangka kakak perempuan pemimpin ISIS yang terbunuh Abu Bakr al-Baghdadi. Penangkapan itu berlangsung pada hari Senin 4 November 2019 atau sekitar dua pekan setelah serangan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) terhadap tempat persembunyian al-Baghdadi di Idlib, Suriah, 26 Oktober lalu.

BACA JUGA : Donald Trump Minta Presiden Turki Jangan Beli Pertahanan Rudal Rusia

Menurut seorang pejabat Turki yang tidak disebutkan namanya mengatakan perempuan yang ditangkap itu berusia 65 tahun. Dia ditangkap bersama suaminya dan saat ini masih menjalani interogasi.

Menurut laporan media Turki, kakak perempuan al-Baghdadi yang ditangkap bernama Rasmiya Awad. Dia selama ini tinggal di sebuah trailer di dekat kota Azaz, utara Aleppo, wilayah yang dikendalikan Turki sejak operasi militer "Operation Euphrates Shield" 2016.

"Hal semacam ini adalah tambang emas intelijen. Apa yang dia ketahui tentang (ISIS) dapat secara signifikan memperluas pemahaman kita tentang kelompok itu dan membantu kita menangkap lebih banyak orang jahat," kata pejabat itu, dikutip AP, Selasa 5 November 2019.

Pejabat Turki itu menambahkan, Awad ditahan bersama suaminya, menantu perempuan, dan lima anak. Menurutnya, Awad diduga berafiliasi dengan kelompok teroris ISIS. 



BACA JUGA : Berhasil Cegat 90 % Roket Dari Gaza, PM Israel Puji Operator Iron Dome

Abu Bakr al-Baghdadi, yang nama aslinya adalah Ibrahim Awad Ibrahim al-Badri adalah seorang warga Irak asal kota Samarra, utara Baghdad. Dia dilaporkan tewas bersama dua istri dan tiga anak setelah meledakkan rompi bom bunuh diri setelah terpoojok dalam serangan pasukan khusus AS di Idlib. Kematian al-Baghdadi telah dikonfirmasi oleh kelompok ISIS.

 

Sumber: Sindonews

PenulisR24/riko



Loading...

Terpopuler

Loading...