riau24

Asrori Analke Minta Destinasi Wisata Sumber Air Panas Sungai Pinang Kuansing Dikembangkan

Rabu, 06 November 2019 | 14:41 WIB
Anggota DPRD Kuansing Asrori Analke Apas (foto/Zar) Anggota DPRD Kuansing Asrori Analke Apas (foto/Zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, punya potensi wisata yang cukup banyak. Baik potensi wisata alam, budaya hingga wisata sejarah.

Hanya saja berbagai potensi wisata itu, masih banyak yang belum tergarap secara maksimal. Dikarenakan berbagai faktor akses jalan ke lokasi wisata sangat sulit dan sarana prasarana wisata yang masih kurang.

BACA JUGA : Jalin Silaturahim, Ikatan Persaudaraan Haji Kloter 19 Kuansing Gelar Pertemuan



Padahal Pemkab Kuansing telah menjadikan kepariwisataan, sebagai salah satu Icon (lambang) dalam kemajuan daerah. Ini merupakan sangat penting sekali, sebagai salah satu Destinasi Wisata di Kuansing.

Salah satu potensi Wisata Kuansing adalah Obyek Wisata Air Panas yang terdapat di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. 



BACA JUGA : Peringatan Hari Koperasi ke 72, Bupati Kuansing Serahkan Hadiah Juara 1 ke KPRI SMPN Lubuk Jambi



Sebenarnya, Obyek Wisata Sumber Air Panas Sungai Pinang ini telah dikenal sejak lama, sehingga banyak yang datang berkunjung ke daerah tersebut. Hanya saja sejak beberapa tahun belakangan ini, Obyek Wisata Sumber Air Panas Sungai Pinang ini mulai kurang dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Maka itu Tahun Anggaran 2020 mendatang, Sumber Air Panas Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan, akan dibenahi dengan akan dibangun tiga buah sumur sebagai Sumber Air. 

"Saat ini, baru satu buah sumur yang telah layak untuk dikunjungi, yang sebenarnya masih ada tiga buah sumur lagi yang layak untuk dibenahi, sehingga nantinya dapat dikunjungi oleh para wisatawan," ungkap Anggota DPRD Kuansing Asrori Analke Apas ketika bincang-bincang dengan Riau24.com.

"Selain perbaikan dan pembangunan tiga buah sumur, juga dilakukan peningkatan jalan menuju ke Obyek Wisata Air Panas sepanjang 2 kilometer," ujarnya.

"Jalan ini akan menghubungkan dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kuantan Mudik dengan Kecamatan Hulu Kuantan," paparnya.

Menurutnya, Untuk pembangunan Destinasi Wisata dan jalan menuju ke Sumber Air Panas Sungai Pinang, direncanakankan pada Tahun Anggaran 2020 mendatang. "Diharapkan rencana pembangunan Destinasi Wisata Sumber Air Panas Sungai Pinang tersebut, dapat terlaksana dengan baik," ujar Anggota Komisi B DPRD Kuansing.

Sedangkan alokasi anggarannya untuk pembangunan Obyek Wisata Sumber Air Panas dan Jalan menuju Obyek Wisata tersebut, diperkirakan mencapai sekitar Rp. 14,5 Milyar," sebut Anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kuansing.

"Bila hal ini dapat terwujud, sebagai salah satu dalam upaya untuk pemerataan pembangunan di Kabupaten Kuantan Singingi," tukasnya. (R24/Zar)

PenulisR24/zar



Loading...
Loading...