riau24

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Bengkalis Akan Buka Pendaftaran Panwascam

Rabu, 06 November 2019 | 18:41 WIB
Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin (Foto/Hari) Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin (Foto/Hari)

RIAU24.COM - BENGKALIS- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis akan membentuk badan ad hoc disetiap kecamatan di Kabupaten Bengkalis dalam rangka persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin. Kata Mukhlasin, dalam waktu dekat Bawaslu akan melakukan perekrutan Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di setiap kecamatan dalam Kabupaten Bengkalis.

BACA JUGA : BKPP Bengkalis Umumkan Buka 83 Formasi dan 30 Jabatan CPNS



"Kita akan segera merekrut tenaga panwas di setiap kecamatan dan masing masing kecamatan ada 3 orang," ungkap Mukhlasin, Rabu 6 November 2019 kepada sejumlah wartawan.

Dikatakan Mukhlasin, untuk perekrutan Panwas tersebut akan di lakukan pada akhir November ini dan pelantikan akan dilakukan bulan Desember mendatang. Untuk itu Bawaslu mengajak masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk dapat berpartisipasi aktif untuk mendaftarkan diri sebagai penyelenggara Pemilu Pilkada 2019.



BACA JUGA : Mobil Calya Seruduk Pengendara Motor Hingga 15 Meter di Simpang Jalan Hangtuah Bengkalis



"Besar harapan kami tingginya partisipasi masyarakat dalam proses perekrutan panwascam, agar pelaksanaan Pilkada bupati dan wakil bupati 2020 benar benar  mendapatkan sumber daya manusia (SDM) atau nantinya anggota panwascam yang memiliki integritas," ucap Ketua Bawaslu Bengkalis ini lagi.

Selain itu, Ketua Bawaslu mengimbau  kepada masyarakat jika nantinya proses perekrutan panwascam yang dilakukan oleh Bawaslu, jika ada yang mengetahui calon calon nanti yang diketahui ada keterlibatan dalam partai politik atau partisan politik untuk dapat melaporkan ke Bawaslu Kabupaten Bengkalis.

"Kami sangat menjaga integritas dalam proses pelaksanaan pemilu ini khususnya Pilkada sehingga proses Pelaksanaan tidak tercederai oleh keperpihakan terhadap salah satu Kontestan," kata Mukhlasin lagi.

"Seandainya ada partisipan politik yang mendaftar boleh saja tetapi minimal 5 tahun sudah non aktif dari keterlibatan partai," ungkap dia lagi.

Mukhlasin menambahkan, terkait teknis penerimaan dalam waktu dekat akan disampaikan. Karena Bawaslu kabupaten Bengkalis masih menunggu petunjuk Bawasda Provinsi Riau.

"Kita minta kepada masyarakat yang berminat dapat bersiap siap minimal secara umum menyiapkan KTP, Ijazah yang dilegalisir dan dokumen lainnya sebagai pelamar anggota Panwascam," ujarnya seraya menambahkan soal kriteria diutamakan juga bagi yang sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu sebelumnya. (R24/Hari)

PenulisR24/hari



Loading...
Loading...