riau24

Di Dusun Talang Tanjung, Dompet Dhuafa Riau Bangun Masjid dan Sekolah

Kamis, 07 November 2019 | 09:04 WIB
Dompet Dhuafa Riau meresmikan Masjid Mahmoud Kanj dan Sekolah di Kampung Muaro, Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. (Foto: Istimewa) Dompet Dhuafa Riau meresmikan Masjid Mahmoud Kanj dan Sekolah di Kampung Muaro, Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. (Foto: Istimewa)

RIAU24.COM - Dompet Dhuafa Riau meresmikan Masjid Mahmoud Kanj dan Sekolah di Kampung Muaro, Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Masjid dan sekolah yang dibangun tersebut merupakan  yang pertama di bangun di daerah tersebut.

Di Dusun Talang Tanjung sendiri terdapat 39 Kepala Keluarga dengan jumlah anak-anak yang sudah layak masuk sekolah berjumlah 25 orang. Pembangunan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan Dompet Dhuafa Riau untuk mewadahi anak-anak di sana agar bisa mengenyam pendidikan.

Dompet Dhuafa Riau dengan program gerakan wakaf bisa menggerakkan para muhsinin untuk berwakaf bersama-sama membangun masjid dan sekolah pertama di pedalaman Riau ini. Perjalanan menuju Dusun Tualang harus menempuh medan berat untuk melihat langsung potret pendidikan di daerah tersebut.

Untuk sampai ke lokasi, rombongan harus menggunakan mobil khusus untuk medan offroad, jalannya masih berlumpur dan melewati pegunungan, sehingga beberapa kali mobil rombongan tersangkut dan harus ditarik dari lumpur. Perjalanan yang seharusnya dapat ditempuh tidak lebih dari 2 jam itu pun menjadi lebih panjang.
BACA JUGA : Polisi Berhasil Ciduk Pengedar Sabu di Desa Candirejo Inhu

Saat pembangunan sempat terjadi hambatan karena material tidak bisa masuk ke lokasi pembangunan. Terpaksa tukang harus libur beberapa minggu.

Proses pembangunan masjid ini dilaksanakan semenjak agustus 2019 dengan masa kerja selama 120 hari. Sulitnya bahan material untuk masuk ke lokasi karena akses jalan yang rusak di kala hujan melanda menjadi hambatan dalam proses pembangunan mesjid. 

Selain itu bahan material juga tidak bisa langsung sampai ke lokasi melainkan harus melewati pegunungan yang sangat curam. Di sini masyarakat sangat antusias dalam bergotong-royong untuk bersama-sama membersihkan lahan yang diwakafkan oleh kepala suku warga Kampung Muaro untuk pembangunan masjid dan sekolah.

Masjid yang dibangun diberi nama Masjid Mahmoud Kanj Dompet Dhuafa. Acara ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Camat Batang Gansal, MUI, BKMT, BMT Indragiri, BMT Amanah dan KUA Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.


BACA JUGA : Parkir di Depan Rumah, Motor Warga Rengat Inhu Hilang, Pelaku Terekam CCTV

“Lokasi Kampung Muaro, Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul adalah dusun paling terpencil dan jalan yang ditempuh sangat sulit, butuh keseriusan dan perhatian para pihak terkait untuk membangun wilayah ini, banyak anak-anak yang berprestasi ada di sini, kita jangan menutup mata dan mereka berhak mendapat pendidikan yang layak seperti anak di kota. Dengan adanya masjid dan sekolah ini semoga anak-anak di Dusun Talang Tanjung akan menjadi pemimpin di masa depan menggantikan kita semua di sini,” tutur Ali Bastoni, Pimpinan Dompet Dhuafa Riau dalam sambutannya.

Sementara itu, Rendi Rahman, Sekretaris Camat Batang Gansal mengapresiasi program-program dari Dompet Dhuafa Riau yang sudah banyak menebar manfaat di wilayah Kecamatan Batang Gansal.

"Pemerintah sangat terbantu dan tentunya dengan sinergi yang sudah baik dilakukan pihak Dompet Dhuafa Riau pada pemerintahan Kecamatan Batang Gansal. Dan juga ucapan terima kasih mewakili masyarakat kepada donatur dan juga tim Dompet Dhuafa Riau yang sudah bisa bangun masjid  di Kecamatan Batang Gansal ini,” kata dia.

Ke depannya masjid dan sekolah ini akan lebih difungsikan lagi dengan pengaktifan kegiatan keagamaan dan juga mendatangkan tenaga pengajar untuk mendidik anak-anak Kampung Muaro. Dengan program pemberdayaan masjid dan sekolah yang akan didampingi langsung oleh Dompet Dhuafa.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...