riau24

Jenderal Jebolan Pasukan Siluman Ini Disebut Calon Kuat Wakil Panglima TNI

Jumat, 08 November 2019 | 10:04 WIB
KSAD Andika Perkasa KSAD Andika Perkasa

RIAU24.COM -  Posisi Wakil Panglima TNI kembali diaktifkan Presiden Joko Widodo, setelah dihapus Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, 19 tahun silam.  Perihal pengaktifan kembali posisi itu, termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Nantinya, posisi itu akan diisi perwira tinggi berpangkat jenderal bintang 4.  

Dilansir viva, Jumat, 8 November 2019, dengan pengaktifan kembali jabatan ini, hal ini berarti jabatan untuk jenderal bintang 4, bakal bertambah lagi. Saat ini, jenderal bintang 4 hanya dimiliki Panglima TNI, serta Kepala Staf tiga matra, yaitu AD, AL dan AU.

BACA JUGA : Puji Soekarno Sebagai Negarawan Besar, Fahri Hamzah Sebut Sukmawati Dalam Kebingungan Besar

Lalu, kira-kira siapa yang akan mengisi posisi itu? 

Secara batasan normal, yang paling berpeluang adalah para kepala staf di masing-masing angkatan di tubuh TNI.  Mereka adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Ade Supandi, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna.

Namun saat ini, sorotan tengah tertuju kepada sosok Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. Hal ini dikarenakan karirnya yang benar-benar melejit.

Lulusan Akademi Militer 1987 itu telah makan asam garam di jajaran korps baret merah atau Komando Pasukan Khusus (Kopassus) selama 12 tahun, seperti Grup 2/Para Komando, Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama dan Grup 3/Sandhi Yudha, selain Satuan 81 Penanggulangan Teror (Sat-81/Gultor).

Untuk diketahui, Sat-81 Gultor dahulunya bernama Detasemen Khusus 81 Penanggulangan Teror yang dibentuk dengan latar belakang kasus pembajakan pesawat Garuda Indonesia 206 Woyla di Bandara Don Mueang, Thailand, pada tahun 1981 silam.

Salah satu pasukan siluman yang dimiliki TNI ini berdiri pada 30 Juni 1982 atas prakarsa mantan Panglima ABRI periode 1983-1988, Jenderal LB Moerdani.



BACA JUGA : Dentuman Keras di Kantor Kejaksaan Bikin Geger Warga, Ini Penyebabnya

Sat-81 Gultor merupakan pasukan elite di jajaran TNI-AD dan setara dengan Detasemen Jala Mangkara TNI-AL dan Detasemen Bravo 90 Paskhas TNI-AU. Bahkan pasukan ini juga dinilai setera dengan Delta Forces Angkatan Darat Amerika Serikat dan SAS Inggris.

Para jenderal yang pernah menjadi bagian dari pasukan siluman ini antara lain Luhut Binsar Pandjaitan, Prabowo Subianto, Lodewijk Freidrich Paulus, dan Andika Perkasa.  Nama terakhir inilah yang digadang-gadang bakal mengisi jabatan Wakil Panglima TNI. ***
 

PenulisR24/wan



Loading...

Terpopuler

Loading...