riau24

Menurut AA Gym, Inilah Sumber Utama Permasalahan Bangsa

Sabtu, 09 November 2019 | 15:48 WIB
Aa Gym Aa Gym

RIAU24.COM -  Dai asal Bandung, KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa AA Gym, punya pandangan tersendiri terhadap permasalahan yang dialami bangsa Indonesia saat ini. Hal itu dilontarkannya menyampaikan tausiyahnya di acara pembuka Ummat Fest 2019, Gedung Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Sulawesi Selatan.

Awalnya, dalam kegiatan yang digelar Jumat (8/11/2019) itu, Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung ini mengajukan pertanyaan berhadiah umrah.

"Ayo, yang bisa jawab hadiahnya Umrah, apa yang menyebabkan Rasul di utus ke permukaan bumi? Silakan ajukan tangan," ujarnya.

Dilansir republika, Sabtu 9 November 2019, sejumlah peserta tampak berusaha memberikan jawaban. Namun tidak ada yang mendapatkan nilai 100 dari AA Gym.

BACA JUGA : Di Kemenag, CPNS Yang Terpapar Paham Radikalisme Tidak Akan Lolos Seleksi

Aa Gym kemudian memaparkan, Rasulullah diutus ke permukaan bumi untuk menyempurnakan akhlak. Beliau bersimbah air mata, keringat, darah untuk mendakwahkan Islam semata-mata demi menyempurnakan akhlak manusia saat itu.

Di negeri kita, kata Aa Gym, masalahnya bukan masalah politik, ekonomi, sosial, namun masalah akhlak.

"Politik mah begitu-begitu saja, namun politikusnya kurang berakhlak. Ekonomi-ekonominya begitu saja, namun pengelolanya kurang berakhlak," lontarnya.

Setelah menyebutkan akhlaklah yang menjadi sumber masalah, ia kemudian menyebutkan dua pilar akhlakul karimah, yakni akhlak kepada pencipta dan ciptaan-Nya.

Akhlak kepada pencipta, lanjut dia adalah membersihkan tauhid dengan meninggalkan tuhan yang lain.

"Jika ingin akhlaknya bagus, harus menafikan tuhan yang lain bahwa tiada pencipta selain Allah. Istri tidak boleh mencintai suami berlebihan, namun harus banyakan cinta kepada Allah. Demikian pula suami, jangan takut berlebihan kepada istri, tapi takutnya harus kepada Allah," jelas alumni Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan Universitas Padjajaran Bandung ini.



BACA JUGA : Tolak Praperadilan, Hakim Tetapkan Imam Nahrawi Tersangka

Pilar akhlakul karimah yang kedua, adalah berakhlak kepada ciptaan-Nya, yaitu dengan menjadi rahmat bagi seluruh ciptaan Allah.

"Banyak yang mengamalkan sunnah Rasulullah, padahal tidak pernah melihat, berjumpa dan mendengarkan suaranya. Mengapa? Karena Rasulullah memiliki kelebihan pada kasih sayang yang sangat kepada ummatnya," jelas dia.

AA Gym menutup tausyiahnya dengan mengutip Surah At-Taubah ayat 128, seputar rumus kasih sayang, yang terdiri atas tiga yakni empati, haritsun/sangat menginginkan orang lain jadi baik, dan mau mengeluarkan tenaga waktu dan pikiran.

"Insya Allah dengan itu kita akan ber-akhlakul karimah dan semoga negeri kita bisa teratasi segala permasalahannya, hingga menjadi negeri yang makmur, baldatun thayyibatun wa rabbun gafur," tutupnya. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...