riau24

Bukan Presiden, Pidato Pembukaan Kongres Partai Nasdem Pilih Anies, ini Kata Pakar

Sabtu, 09 November 2019 | 19:14 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh

RIAU24.COM - Partai Nasdem mengundang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada saat pembukaan Kongres Partai Nasdem. Bahkan, hal tersebut memunculkan isyarat jika partai yang dipimpin Surya Paloh itu tengah menyiapkan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

Menurut pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Doktor Emrus Sihombing, hal itu terlihat karena datangnya Anies dan berpidato pada pembukaan Kongres II NasDem.
BACA JUGA : Terkait 'Pencekalan' Habib Rizieq Syihab, Logika Menkopolhukam Mahfud MD Dinilai Keliru

"Dengan diundangnya Anies selaku Gubernur DKI Jakarta sekaligus membuka Kongres NasDem, saya katakan, iya, menguatkan sinyal Anies bakal diusung NasDem," ujarnya dilansir dari Jpnn.com, Sabtu, 09 November 2019.

Dia menegaskan jika keputusan NasDem memilih Anies yang membuka Kongres II partai itu menjadi salah satu sinyal. Dijelaskan Emrus, tidak biasanya partai politik untuk agenda nasional, apalagi sekelas kongres menyerahkan kepada gubernur untuk membuka kongres dan membacakan sambutan.

"Bukankah kalau partai berkongres biasanya Presiden yang diberikan kesempatan untuk membuka dan membacakan sambutan?" ujar Direktur Eksekutif Emrus Corner tersebut.


BACA JUGA : Duduk Masalah 'Pencekalan' HRS Masih Simpang Siur, Langkah Ini yang akan Ditempuh Prabowo

Kemudian, dari kajian ilmu politik, setiap langkah yang dilakukan parpol pasti didasari pertimbangan politik, apalagi ketika melakukan kegiatan selevel kongres.

"Mengundang siapa, siapa memberi sambutan, apa pun yang dilakukan dalam kongres, tidak lepas dari tindakan politik, pertimbangan, dan setting politik. Hal ini karena yang melakukan parpol," tutupnya.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...