riau24

152 Ribu Lowongan CPNS Dibuka Hari Ini, Tjahjo: Hari Pertama Biasanya Cuma Lihat-lihat Saja

Senin, 11 November 2019 | 09:40 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memastikan, proses pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 siap dibuka hari ini, Senin 11 November 2019.

Tjahjo juga menegaskan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mempersiapkan segala hal, dari server hingga pencocokan dengan data kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil). Namun biasanya, pada hari pertama ini masih jarang ada peminat yang mendaftar. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, pada hari pertama biasanya calon pelamar cenderung masih melihat-lihat posisi yang ditawarkan.

BACA JUGA : Puji Soekarno Sebagai Negarawan Besar, Fahri Hamzah Sebut Sukmawati Dalam Kebingungan Besar

Dilansir republika, Menpan-RB Tjahjo mengatakan, tidak hanya Badan Kepegawaian Negara (BKN), server Kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) juga telah siap.

Untuk diketahui, pendaftaran seleksi CPNS dibuka hingga 24 November 2019. Pemerintah menyediakan 152.286 formasi yang terdiri atas 37.425 formasi di 68 untuk kementerian/lembaga dan 114.861 formasi untuk 462 pemerintah daerah.

Pendaftaran seleksi CPNS dilakukan secara daring melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara, sscasn.bkn.go.id.

Menurut Tjahjo, bila melihat pengalaman sebelumnya, para peserta diperkirakan baru sebatas meninjau formasi CPNS pada hari pertama pendaftaran. Pada hari-hari berikutnya hingga akhir pendaftaran, barulah para calon pelamar mulai melakukan pendaftaran. BKN, kata Tjahjo, telah mengantisipasi hal tersebut.

Sementara itu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengingatkan para pelamar pendaftaran seleksi CPNS untuk teliti sebelum mendaftar. Menurut Bima, para pelamar harus mencermati formasi yang dipilih dan juga syarat pendaftarannya.

Hal ini, terangnya, penting untuk menghindari kegagalan di seleksi administrasi seleksi CPNS.



BACA JUGA : Dentuman Keras di Kantor Kejaksaan Bikin Geger Warga, Ini Penyebabnya

Sementara itu, kompas melansir alur pendaftaran yang sebaiknya ditempuh para pelamar CPNS tahun ini. Berikut susunannya.

1. Buka situs web https://sscasn.bkn.go.id. Situs web ini tersedia mulai hari ini. BKN mengimbau membuat akun dan mendaftar untuk mengikuti seleksi harus menggunakan PC atau laptop. Anda tidak disarankan menggunakan ponsel maupun tablet.

2. Seusai membuka situs web, buatlah akun SSCN 2019. Pembuatan akun harus menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu keluarga (KK). Nomor KK juga bisa diganti dengan NIK kepala keluarga.

3. Setelah selesai membuat akun, login-lah ke akun baru tersebut dengan menggunakan NIK maupun sandi (password) yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Pastikan password yang Anda masukkan tepat.
4. Setelah itu, Anda diwajibkan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sekaligus melengkapi biodata pribadi.

5. Seusai melengkapi biodata, pilih jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan background pendidikan Anda. Pastikan Anda melengkapi data.

6. Unggah semua dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, KK, KTP, dan sebagainya.

6. Cetak kartu pendaftaran. Sebelum mencetak kartu pendaftaran, pastikan Anda mengecek ulang data-data yang Anda masukkan. Sebab, setelah di-submit, Anda tidak bisa mengubah data lagi. Proses perbaikan data masih dapat dilakukan selama dalam tahap simpan data.

7. Jangan lupa juga untuk memverifikasi pendaftaran Anda.

8. Tunggu pengumuman. ***

 

PenulisR24/wan



Loading...

Terpopuler

Loading...