riau24

Gara-gara Jalan Ambles di Siak, Keberangkatan Kapal Selatpanjang-Pekanbaru Dipercepat

Selasa, 12 November 2019 | 19:23 WIB
Jalan ambles di Buton Siak menganggu akses ke Kepulauan Meranti (foto/int) Jalan ambles di Buton Siak menganggu akses ke Kepulauan Meranti (foto/int)

RIAU24.COM - SELATPANJANG- Kejadian amblesnya Jalan Nasional Pusako, Siak-Buton yang terjadi pada 7 November 2019 berdampak sampai ke Kepualaua Meranti. Sebab penumpang kapal mengalami keterlambatan kedatangan akibat kejadian itu.

Selama lebih kurang 4 hari penumpang kapal selalu terlambat dan kemalaman. Hal itu membuat tingkat keselamatan pelayaran semakin rawan.

Baca Juga: Jika Dua Tahun Sebelumnya Tak Pernah Cuti, Tahun Ini ASN Bisa Cuti 24 Hari



Oleh karena itu, sejak Selasa, 12 November 2019 Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang memajukan jadwal kapal yang berangkat. Khususnya keberangkatan siang.

"Mulai hari ini, keberangkatan Speed Boat (SB) utuk jadwal siang dimajukan. Jika sebelumnya diharuskan berangkat pada pukul 13.30 Wib, dimajukan menjadi pukul 12.00 Wib. Sehingga bisa tiba paling lama pukul 17.30 Wib. Sebaliknya, dari Pekanbaru juga memajukan jadwal keberangkatan siang, supaya tiba sebelum malam tiba," kata Petugas Keselamatan Berlayar, KSOP Selatpanjang, Suharto dikonfirmasi, Selasa (12/1/2019).

Baca Juga: Pemkab Meranti Tetapkan Cuti Bersama ASN Jatuh 24 Desember Mendatang

Karena menurutnya Kapal SB tidak diperbolehkan jalan malam. Karena penerangan dilaut terbatas pada malam hari. "Kapal cepat tidak boleh jalan malam. Karena rawan terjadi kecelakaan saat berlayar malam," tambahnya.

Jika kapal berangkat pada jadwal semula, terjadi keterlambatan kedatangan. Karena membutuhkan waktu untuk pemindahan penumpang dan loading barang saat menggunakan transportasi bus. Untuk diketahui dari Selatpanjang penumpang harus berpindah sarana transportasi sebanyak 2 kali. Dimana setelah menggunakan SB dari Selatpanjang ke Pelabuhan Buton di Siak, dilanjutkan menggunakan bus menuju pelabuhan pribadi di Perawang. Disana penumpang akan dipindahkan lagi ke  SB menyusuri Sungai Siak dari Perawang ke Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru.

"Pada titik jalan ambles, penumpang SB Meranti Ekspress atau SB Nagaline akan berjalan kaki untuk pindah bus yang sudah stamby di seberang. Proses pemindahan penumpang dan loading barang titipan penumpang inilah yang memakan waktu hingga 1 jam," jelas Suharto.

Dengan dimajukannya jadwal keberangkatan pada siang hari ini, diharapkannya penumpang kapal dari Selatpanjang dan sebaliknya dari Pekanbaru bisa tiba sebelum malam. (R24/Mad)

PenulisR24/mad



Loading...
Loading...