riau24

Koramil 04/Kuindra Laksanakan Binter Terpadu di Desa Concong Dalam

Senin, 18 November 2019 | 15:03 WIB
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Concong Komando Rayon Militer (Koramil) 04/Kuindra Kodim 0314/Indragiri Hilir, Babinsa Serda Asrion melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu yang diselenggarakan di Desa Concong Dalam (foto/Rgo) Bintara Pembina Desa (Babinsa) Concong Komando Rayon Militer (Koramil) 04/Kuindra Kodim 0314/Indragiri Hilir, Babinsa Serda Asrion melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu yang diselenggarakan di Desa Concong Dalam (foto/Rgo)

RIAU24.COM - INHIL- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Concong Komando Rayon Militer (Koramil) 04/Kuindra Kodim 0314/Indragiri Hilir, Babinsa Serda Asrion melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu yang diselenggarakan di Desa Concong Dalam, Kecamatan Concong, Kabupaten Indragiri Hilir, Senin 18 November 2019, pagi.

Baca Juga: Tingkatkan Sinergitas, DPC LBDH Audiensi Bersama Kasatpol PP Inhil



Kegiatan Binter tersebut memberikan materi mengenai "Penyuluhan Tentang Peningkatan Sumber Daya Masyarakat (SDM) di Bidang Perikanan," kepada komponen masyarakat Desa Concong Dalam.

Babinsa Serda Asrion dalam pelaksanaan Binter tersebut menuturkan, bahwa masyarakat adalah komponen penting dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia itu sendiri, khususnya dalam pembahasannya tersebut mengenai peningkatan SDM Bidang Perikanan.

Baca Juga: Reses I Tahun 2019, Dr Ferryandi Disambut Antusias Warga Desa Teluk Merbau

"Upaya peningkatan SDM dalam mengelola sesuatu itu dapat dilihat dari kualitas individu tersebut," ujar Babinsa.

Babinsa Serda Asrion menambahkan, tidak hanya Sumber Daya Masyarakatnya saja yang perlu ditingkatkan, namun juga perlu ditingkat kan tentang pemahaman akan segala hal menyangkut perikanan.

"Seperti memahami tentang jenis jenis ikan yang cocok dibudidayakan di daerah kita yang kondisi geografisnya memungkinkan untuk mengembangkan bidang Perikanan tersebut. Dan juga seperti bagaimana caranya membudidayakan ikan dengan tambak untuk ikan air tawar, pembudidayaan udang dengan tambak, bahkan cara pengelolaan budidaya kepiting," paparnya.

Adapun tujuan Babinsa melaksanakan Binter tersebut adalah sebagai sarana untuk merubah Mindset masyarakat untuk beralih ke bidang perikanan, yang selama ini masyarakat banyak terfokus pada pertanian dan perkebunan.

Dan juga, ini sebagai langkah untuk mengurangi dan mengantisipasi Karhutla yang terjadi seperti beberapa waktu lalu dikarenakan seringnya masyarakat membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar untuk membuat lahan cocok tanam yang baru.

"Sehingga masyarakat tidak lagi terfokus SDM untuk membuka lahan perkebunan/pertanian dengan adanya Binter Terpadu menyangkut Perikanan ini. Sehingga dapat berimbas dengan Karhutla yang terjadi, sehingga lahan, hutan, semak belukar, tidak ikut terbakar akibat pembukaan hutan dengan cara dibakar yang selama ini banyak terjadi," jelas Serda Asrion.

Zahar selaku Sekdes Concong Dalam mewakili Kepala Desa mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan memberi apresiasi terhadap masyarakat yang mengikuti Binter Terpadu tersebut.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Babinsa Koramil 04/Kuindra yang turut mengisi menjadi pemateri dalam kegiatan ini. Dan saya sangat mengapresiasi warga masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan Binter ini. Semoga kedepannya kita semua dapat menjadi individu yang berkualitas dalam hal Sumber Daya Manusia, khususnya berguna untuk Desa Concong Dalam kita ini," ujarnya dalam sambutannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kades Concong Dalam diwakili oleh Sekdes H Zahar, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua RT/RW , Kadus, Staf Desa, tokoh masyarakat, pemuda dan warga Desa Concong Dalam. (R24/Rgo)

PenulisR24/rgo



Loading...
Loading...