riau24

Menpora Akan Tindak Tegas Soal Pemulangan Atlet Senam Sea Games Karena Diisukan Tak Perawan

Jumat, 29 November 2019 | 13:21 WIB
Menpora Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali

RIAU24.COM - Karena diisukan tidak perawan, seorang atlet senam bernama Shalfa Avrila Siani (17) yang akan dikirim ke Sea Games 2019 Filipina malah dipulangkan.

Mengenai hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan jika pihaknya sudah mendapat informasi tersebut dan telah mengecek kebenarannya. Dia menegaskan, jika memang ditemukan tindakan pemulangan paksa karena atlet tidak perawan, Zainudin akan menindak tegas.

"Sesuai dengan Perpres 95 tahun 2017, hak promosi dan degradasi atlet memang ada di Cabang olahraga, bukan di Kemenpora maupun KONI. Tetapi jika benar bahwa pemulangan atlet itu karena dugaan masalah keperawanan yg dikatakan pelatihnya, kami akan tindak tegas," ujar Zainudin dilansir dari Detik.com, Jumat, 29 November 2019.

Baca Juga: Performa Masih Bagus, Barcelona Ingin Lionel Messi Teken Kontrak Baru

Dijelaskan Zainudin, tindakan tegas itu diambil karena masalah keperawanan berkaitan dengan privasi dan kehormatan seseorang. Perawan atau tidaknya seseorang juga tidak berhubungan dengan prestasi.

"Karena ini selain masalah privasi dan kehormatan seseorang, juga itu tidak ada hubungannya dengan soal prestasi," lanjutnya.

Kemudian dia juga mengingatkan seluruh cabang olahraga untuk tidak menimbulkan kehebohan. Sebab hal tersebut akan berdampak pada konsentrasi atlet.

Baca Juga: Nazar Ini yang Akan Dilakukan Indra Sjafri Jika Timnas U-22 Raih Emas SEA Games

"Kepada seluruh cabor kami ingatkan untuk tidak menimbulkan kehebohan sekecil apapun, karena itu akan berdampak luas pada konsentrasi kontingen Indonesia secara keseluruhan. Lebih baik berkonsultasi langsung pada pimpinan induk cabor ataupun KONI dan jika tidak dapat terselesaikan langsung ke Kemenpora, agar isu-isu sensitif seperti itu bisa segera dimitigasi secepatnya," jelas Menpora.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...