riau24

Awas! Ada Harimau Sumatera Liar Diduga Berkeliaran di Sekitar Jalan Garuda Sakti

Selasa, 03 Desember 2019 | 16:06 WIB
Petugas BBKSDA Riau memeriksa jejak kaki yang diduga milik Harimau Sumatera liar di Jalan Garuda Sakti yang berada di perbatasan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Foto: int Petugas BBKSDA Riau memeriksa jejak kaki yang diduga milik Harimau Sumatera liar di Jalan Garuda Sakti yang berada di perbatasan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Foto: int

RIAU24.COM -  Masyarakat yang menetap di seputaran Jalan Garuda Sakti, yang merupakan perbatasan antara Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, diminta waspada. Peringatan itu disampaikan pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, karena diduga kuat ada Harimau Sumatera liar, yang tengah berkeliaran di kawasan itu. 

Dugaan itu muncul, setelah ditemukan tapak kaki yang diduga milik Harimau Sumatera di kawasan itu. Jejak kaki itu ditemukan di Jalan Garuda Sakit Kilometer 6, tepatnya di sekitar pemukiman masyarakat di RT14/RW11, Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Waspada, Saat Cuaca Buruk Kecepatan Angin Bisa Sampai 57 Km/Jam

Dugaan tentang keberadaan harimau yang berkeliaran itu bisa jadi benar. Pasalnya, beberapa hari sebelumnya, BBKSDA Riau juga telah merima laporan dari warga, yang mengaku melilhat seekor harimau. Peristiwa itu terjadi saat warga tersebut memancing di seputar kawasan Sungai Siak, yang lokasinya tidak begitu jauh dari tempat ditemukannya jejak kaki yang diduga kuat milik Harimau Sumatera tersebut. 

"Kita meminta kepada masyarakat agar berhati-hati jika melakukan aktivitas di sekitar lokasi," imbau Kepala BBKSDA Riau, Suharyono di Pekanbaru, Selasa 3 Desember 2019.

Dilansir antara, Suharyono mengatakan, laporan tentang adanya jejak kaki yang diduga milik Harimau Sumatera itu diterima pihaknya pada Minggu 1 Desember 2019 malam. Lokasinya berada di Jalan Garuda Sakti KM 6. Jejak tersebut berjarak sekitar 18 kilometer dari lokasi Tahura Minas, Kabupaten Siak.

"Temuan jejak berada di Lanskap antara Tahura Minas dan perumahan BSD Kaita, di mana tempat tersebut adalah perkebunan," ujarnya.

Menindaklanjuti laporan itu, Tim Rescue BBKSDA Riau pun diturukan. Di lokasi, tim menemukan jejak yang dimaksud. Lokasinya berada di sekitar permukiman masyarakat di RT14/RW11, Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Diikuti 4 Negara Asing, Festival Teater Islam Dunia Digelar di Pekanbaru

Setelah diukur, jejak kaki tersebut memiliki lebar 14 centimeter dan panjang 14 centimeter. Kemudian jarak kaki depan dan belakang adalah sekitar 84 centimeter.

"Diduga jejak tersebut merupakan jejak satwa liar termasuk kucing besar atau harimau sumatera," terangnya lagi. 

Sebelumnya, pada Jumat (29/11/2019), warga yang sedang memancing di pinggiran Sungai Siak juga melihat adanya seekor Harimau Sumatera. Saksi mata telah melaporkan kejadian tersebut kepada anggota penanggulangan konflik satwa liar BBKSDA Riau. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...