riau24

Turunkan Tekanan Darah Hingga Lancarkan Pencernaan, ini Khasiat Lain Teh Bunga Sepatu

Rabu, 04 Desember 2019 | 10:10 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Sering digunakan sebagai pengobatan, teh bunga sepatu menjadi salah satu minuman populer di dunia. Teh berwarna merah pekat dan memiliki rasa masam ini terbukti rendah kalori dan bebas kafein.

Dilansir dari Tempo.co, maka tak ayal jika teh bunga sepatu banyak dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, memperlancar pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengobati masalah inflamasi.

Berikut ini lima manfaat teh bunga sepatu, dilansir dari Organic Facts.
Baca Juga: Sudah Perbaiki Gigi Berlubang Tapi Tetap Bau Mulut, Ini Jawaban Dokter Zaidul Akbar

Pertama, teh bunga sepatu ini kaya akan vitamin C, mineral, dan senyawa antioksidan yang juga dapat membantu mereka yang kerap merasakan cemas agar lebih rileks. Berdasarkan studi dari American Heart Association (AHA) yang dipublikasikan November 2008 menyatakan bahwa mengonsumsi teh bunga sepatu secara rutin dapat menurunkan tekanan darah cukup signifikan.

Dalam studi yang sama, AHA menerangkan jika sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat menderita hipertensi. Sifat anti-inflamasi bunga sepatu dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 poin, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Tufts di Boston, Amerika Serikat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi tiga cangkir teh bunga sepatu setiap hari selama beberapa minggu. Sifat diuretik bunga sepatu juga dapat meningkatkan produksi urin sehingga secara bersamaan menurunkan tekanan darah.

Kedua. Sifat antioksidan yang terdapat pada teh bunga sepatu sepatu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh, dengan demikian membantu dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang mengakibatkan gagal jantung.

Baca Juga: HIV/AIDS Bisa Tertular Lewat Gigitan Nyamuk?

Ketiga. Para peneliti juga mengemukakan jika sifat antioksidan pada teh bunga sepatu dapat menurunkan risiko penyakit liver. Antioksidan bertugas melindungi tubuh dari penyakit dengan cara menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam jaringan dan sel tubuh.

Keempat. Secangkir teh bunga sepatu juga dapat mengurangi kram perut selama menstruasi. Sifat anti-inflamasinya juga berfungsi sebagai penstabil hormon sehingga dapat mengurangi gejala-gejala lain yang dialami selama menstruasi, seperti suasana hati yang turun-naik, depresi, hingga mudah emosi.

Kelima. Dengan mengonsumsi teh bunga sepatu secara rutin, ternyata dapat menurunkan berat badan dengan cara aman? Konsumsi teh bunga sepatu secara rutin, terutama buat yang gemar menyantap makanan berat kaya karbohidrat. Karbohidrat mengandung banyak gula dan pati yang dapat memicu berat badan naik.

Para peneliti mengungkapkan jika ekstrak bunga sepatu dapat menurunkan penyerapan gula dan pati. Bunga sepatu dapat menghambat produksi amilase dalam proses penyerapan karbohidrat dan pati.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...