riau24

Terkuak, Bos Importir Harley Davidson Indonesia Dikabarkan Ikut Dalam Pesawat yang Ditumpangi Dirut Garuda yang Dipecat

Sabtu, 07 Desember 2019 | 11:34 WIB
Motor Harley Davidson yang disita Kementerian Keuangan terkait skandal Dirut Garuda Indonesia. Foto: int Motor Harley Davidson yang disita Kementerian Keuangan terkait skandal Dirut Garuda Indonesia. Foto: int

RIAU24.COM -  Ada yang menarik dari kasus dugaan penyeludupan sepeda motor Harley Davidson, yang berbuntut dipecatnya Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Ari Askhara.

Pasalnya, bos importir Harley Davidson Indonesia, Joe Surya, dikabarkan ikut dalam pesawat baru Garuda jenis Airbus A330-900 tersebut. Dilansir detik yang mengutip cnnindonesia, Sabtu 7 Desember 2019, nama Joe Surya ada di antara 21 nama yang dirilis Kementerian Keuangan pada Kamis (5/12/2019) kemarin. 

Baca Juga: Tak Cukup Bukti, Laporan PSI Terhadap Anies Baswedan Soal Revitalisasi Monas Ditolak KPK

Untuk diketahui, sosok Joe Surya dikenal sebagai bos perusahaan pengimpor motor Harley-Davidson ke Indonesia, Legenda Motor. Perusahaan ini diketahui menyuplai motor Harley-Davidson untuk enam diler resmi Harley-Davidson di Indonesia. Yakni Sumatera Motor (Medan dan Batam), Siliwangi (Bandung), Kalimas Solo (Solo), Sarana (Bali), Anak Elang (Jakarta), dan Nusantara (Jakarta).

Selain itu, sosok Joe Surya juga diketahui menjabat sebagai Chairman dan President perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, bernama Nusantara Group. 

Nusantara Group juga berperan sebagai pengimpor motor BMW Motorrad dan mobil Renault. Selain itu Nusantara Group juga memiliki bisnis dealer Mazda, Mitsubishi, MINI, BMW, Daihatsu, Kia, BMW Motorrad, dan Renault.

Joe Surya diketahui juga pernah berhubungan dengan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara. Kerja sama antara Garuda bersama importir mobil dan motor mewah ini sudah terlihat pembuatan video demo keselamatan terbaru antara Garuda Indonesia dengan pemegang merek Renault, Maxindo Renault, pada Juli lalu. 

Maxindo Renault merupakan anak perusahaan Nusantara Group. 

Baca Juga: Polri Perpanjangan Penahanan Penyerang Penyidik Senior KPK Novel Baswedan

Sejauh ini, cnnindinesia sudah berupaya menghubungi Joe Surya melalui sambungan telepon, namun hingga saat ini belum bisa terjangkau. 

Terpisah, Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, yang merupakan salah satu distributor resmi motor elite tersebut, enggan mengomentari soal kehadiran Harley-Davidson yang masuk secara ilegal ke Indonesia.

"No comment, ini di luar penjualan resmi HD," singkat Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Sahat Manalu, melalui pesan singkat. ***


Berikut Daftar Penumpang Garuda Indonesia yang mengangkut Harley-Davidson selundupan:

1. I Gusti Ngurah Askhara (Direktur Utama Garuda
2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi
3. Iwan Joeniarto (Direktur Teknik dan Layanan Garuda)
4. Etty Rasfigar
5. Ratih Agustanti
6. Mohammad Iqbal (Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha)
7. Retno Bayusari Sukradewi
8. Heri Akhyar (Direktur Capital Human)
9. Widyasih Tumono
10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari
11. Lokadita Sedimesa Brahmana
12. Simon Theo Pimpin Nainggolan
13. Satyo Adi Swandhono
14. Nova Wijayanti Ponardi
15. Muhammad Fuad Rasyidi
16. Sugiono
17. Martha Emyua Taurisia
18. Judis Priastono Utama
19. Joe Surya
20. Alberto Blanco Lopez
21. Laurent Jean Yves Godin

Sumber: Kementerian Keuangan 

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...