riau24

Namanya Sempat Beredar, Susi Pudjiastuti Dikabarkan Terpental dari Daftar Calon Dirut Garuda Indonesia, Ini Gantinya

Minggu, 08 Desember 2019 | 21:13 WIB
Susi Pudjiastuti Susi Pudjiastuti

RIAU24.COM -  Nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sempat beredar sebagai salah satu nama yang akan diangkat menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Hal itu setelah sosoknya dinilai tepat untuk menggantikan mantan Dirut Garuda Ari Askhara yang tersandung kasus dugaan penyeludupan motor Harley Davidson. 

Namun belakangan, nama Susi tak lagi beredar. Menurut pengamat penerbangan, Arista Admajati, saat ini nama Susi memang tak masuk lagi dalam bursa.

Baca Juga: Naik Tipis, Harga Emas Antam Hari ini Dijual Rp 1,029 Juta/gram

"Kalau Bu Susi sepertinya akan ditarik untuk mengurusi BUMN di bidangnya, yaitu perikanan," ungkapnya, dilansir tempo, Minggu 8 Desember 2019.  

Saat ni, hanya ada tiga nama calon kuat pengganti Ari yang beredar di kalangan internal perusahaan. Ketiganya adalah Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, dan mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Meski begitu, Arista tak menampik Susi sempat masuk di pusaran calon direktur utama Garuda. Nama Susi muncul saat Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bakal bersih-bersih perusahaan pelat merah beberapa pekan lalu.

Baca Juga: Awal Agustus, Harga Emas Antam Dibanderol Rp 1,028/gram

Pada akhir November lalu, pengamat sektor perikanan, Mohammad Abdi Suhufan, menyatakan sosok Susi tak hanya cocok menangani BUMN perikanan. Namun juga pantas ditempatkan di BUMN penerbangan yang perlu perbaikan kinerja keuangan, seperti Garuda Indonesia.

Susi dianggap layak masuk bursa calon bos BUMN Garuda Indonesia untuk menangani inefisiensi perusahaan. Abdi juga menilai Susi membangun bisnis penerbangan yang berkeadilan. Sebab, Susi sebelumnya terbukti sukses di bisnis yang telah dijalankan, yaitu Susi Air. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...