riau24

Wow, Bunga Rafflesia Arnoldi Cantik di Sumbar Ini Tumbuh di Atas Pohon Kayu

Kamis, 09 Januari 2020 | 17:04 WIB
Begini penampakan Bunga Raflesia Arnoldi yang tumbuh  di Cagar Alam Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Foto: int Begini penampakan Bunga Raflesia Arnoldi yang tumbuh di Cagar Alam Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Foto: int

RIAU24.COM -  Kawasan Cagar Alam Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kembali mengundang perhatian banyak kalangan. Hal itu setelah ditemukan ada bunga Raflesia Arnoldi yang tumbuh di atas pohon. 

Sebelumnya, bunga Rafflesia jenis Tuan Mudae dengan diameter kelopak bunga terbesar di dunia, juga ditemukan baru-baru ini di lokasi yang sama. 

Dari temuan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Resor Agam, genus tumbuhan bunga parasit tersebut tumbuh di pohon kayu dengan diamater knop atau bonggol bunga mencapai diameter 90 sentimeter.

Baca Juga: Agung Laksono Dijadwalkan Buka Musda III PDK Kosgoro 1957 Riau di Hotel Adrya Duta

Temuan ini menambah daftar inventaris temuan BKSDA Resor Agam terhadap tumbuhan langka yang dilindungi tersebut. Tumbuh dan mekar di pohon kayu, tentu saja dari segi estetika akan tampak lebih indah dan memukau. Dari segi fotografi juga merupakan spot cantik untuk diabadikan.

"Yang kita temukan ini Rafflesia jenis Arnoldi. Tumbuhnya di salah satu pohon kayu di hutan cagar alam Maninjau, tepatnya di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya. Untuk diameter mencapai 90 sentimeter. Perkiraan mekar sempurna Sabtu besok," ungkap Ade Putra, petugas Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumatera Barat Resor Agam, Kamis 9 Januari 2020.

Dilansir viva, Ade Putra mengtakan, dari 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat, sebaran populasi bunga Rafflesia baik untuk jenis Arnoldi maupun Tuan Mudae paling banyak ditemukan di Kabupaten Agam.

Berdasarkan catatan yang ada, terdapat 13 titik sebaran populasi. Dan itu berada di kawasan hutan cagar alam Maninjau. Dengan fase tumbuh dan mekar per triwulan sekali.

Baca Juga: Sah! Muhammadiyah Fatwakan Vape Haram, Berikut Penjelasannya

Mengingat sebaran populasinya cukup banyak, BKSDA memberikan kesempatan kepada siapa saja menyaksikan langsung keindahan bunga ini. Namun, tentu harus didampingi oleh petugas BKSDA. Karena, selain hutan yang akan dimasuki adalah kawasan cagar alam, Rafflesia juga merupakan tumbuhan yang dilindungi.

Selain mendampingi, petugas nanti juga akan memberikan keterangan seputar keberadaan Rafflesia dan apa itu hutan cagar alam. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...