riau24

Gubernur dan Sekda Riau Bagi-bagi Jabatan Buat Keluarga, PKB: Wajar Dilakukan Setiap Kepala Daerah

Jumat, 10 Januari 2020 | 10:48 WIB
Ade Agus Hartanto Ade Agus Hartanto

RIAU24.COM -  Politisi PKB yang juga anggota DPRD Riau Ade Agus Hartanto tidak mempermasalahkan Gubernur dan Sekda Riau bagi-bagi jabatan untuk keluarga dan orang dekatnya dalam mutasi eselon III dan IV kemarin. Ade menilai sikap itu merupakan hal yang wajar dilakukan setiap kepala daerah. 

Baca Juga: 6 Mahasiswa Riau Masih Tertahan di China, ini Yang Dilakukan Pemprov Riau

"Hal yang wajar dilakukan siapapun kepala daerahnya. Tapi yang terpenting siapapun orang yang dilantik jika memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam berkerja tidak masalah, "kata Ade. Kamis  9 Januari 2020.

Ade juga mengaku akan terus mengawasi secara professional  kinerja dari pejabat yang baru dilantik termaksud dari keluarga Gubernur dan Sekda. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah pejabat yang dilantik itu punya kapasitas, kapabilitasnya dan kompetensi di bidangnya. 

"Jika gagal ditahun ini mengemban tugasnya, DPRD Riau akan mengusulkan pergantian. Dan APBD 2020 ini awal ujian mereka bagaimana mereka berkerja secara professional sesuai kapasitas dan kapabilitasnya kedepanya, "ujar ketua komisi I DPRD Riau. 

Diberitakan sebelumnya sebanyak 737 pejabat eselon III dan IV resmi dilantik Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution. 7 Januari 2020. Dari jumlah total yang dilantik itu ada masuk didalamnya keluarga Gubernur dan Sekda Riau. 

Tapi mirisnya tidak hanya dari keluarga tapi orang dekat hingga ajudan Gubernur juga dilantik dan diberi posisi empuk di kabinet Syamsuar - Edy Natar dan Sekda Riau Yan Prana Jaya. 

Diantara keluarga Gubernur dan Sekda Riau yang mendapat posisi jabatan diantaranya. Dari keluarga Yan Pran ada tiga orang yakni istri, abang dan adik. Mereka adalah Fariza (istri) mendapat posisi sebagai kabid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Prasurya Darma (abang) sebagai Sekretaris Dinas Sosial dan Dedi Herman (adik) sebagai Kabid Operasi Satpol PP. 

Kemudian dari Ajudan Yan ada satu orang yang bernama Rogi. Dia dilantik sebagai Kasubag Penggunaan Pengamanan dan Pemeliharaan Aset Sekda Bagian Administrasi Keuangan dan Umum Setdaprov Riau. 

Baca Juga: Deklarasi di Sumur Minyak Tertua di Minas, Ini Tekad yang Akan Diwujudkan APJP Migas Indonesia

Tidak hanya itu, dua ajudan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar turut dilantik menjadi Kepala Sub Bagian (Kasubag) di Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Riau. 

Ada pun kedua ajudan Syamsuar tersebut yakni Raja Jehan Saputra dilantik sebagai Kasubag Hubungan Keprotokolan dan Alfi Sukrila sebagai Kasubag Tamu, Kepala Bagian Protokol, Biro Adpim Setdaprov Riau. 

PenulisR24/riko



Loading...
Loading...