riau24

Inilah Keajaiban yang Terjadi Pada Tubuh, Jika Anda Mengkonsumsi Cengkeh Setiap Hari

Sabtu, 11 Januari 2020 | 10:56 WIB
Ajaib, Ternyata Cengkeh Bisa Memperpanjang Usia Anda, Ini Alasannya... Ajaib, Ternyata Cengkeh Bisa Memperpanjang Usia Anda, Ini Alasannya...

RIAU24.COM - Cengkeh adalah tunas bunga merah muda harum yang belum dibuka dari pohon cengkeh asli Indonesia. Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah paling populer di dunia. Selain rasa manis yang mereka berikan pada hidangan yang ditambahkan, cengkeh terkenal karena khasiat obatnya.

Seperti dilansir Riau24.com dari Bright Side, berikut manfaat kesehatan yang mengesankan dengan hanya makan 2 siung cengkeh dalam sehari.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Cengkeh adalah salah satu makanan terbaik yang dapat kita konsumsi untuk dukungan kekebalan tubuh, karena mampu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang membantu kita melawan infeksi. Dan itu semua berkat vitamin C yang dikandungnya.

2. Meningkatkan pencernaan.
Cengkeh dapat digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan, karena mampu meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Cengkeh juga bisa mengurangi mual. Belum lagi cengkeh penuh serat, yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu mencegah sembelit. Cara terbaik untuk mengobati masalah pencernaan dengan cengkeh adalah mengkonsumsinya dalam bentuk bubuk atau dipanggang dengan madu.

3. Meredakan sakit gigi.
Cengkeh juga memiliki sifat anestesi lokal. Jika Anda sakit gigi, letakkan cengkeh di atas gigi yang mengganggu untuk menghilangkan rasa tidak nyaman sampai Anda dapat pergi ke dokter gigi.

4. Membantu detoksifikasi tubuh
Hati bertanggung jawab untuk mendetoksifikasi tubuh kita dan memetabolisme obat yang kita minum. Eugenol yang terkandung dalam minyak cengkeh meningkatkan fungsi hati.

Baca Juga: Tak Hanya Dari Kelelawar, Ternyata Hewan Ini Juga Disebut-Sebut Sebagai Penyebar Virus Mematikan Dari Wuhan

5. Membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tubuh.
Eugenol juga memberikan cengkeh sifat analgesik dan anti-inflamasi. Salah satu cara untuk mengambil keuntungan dari ini adalah dengan menggunakan rempah-rempah ini sebagai obat sakit kepala. Anda dapat melakukan ini dengan salah satu dari 2 cara: mengkonsumsinya atau menggunakannya secara topikal. Jika Anda lebih suka mengkonsumsinya, Anda dapat mencampur bubuk cengkeh dan garam batu dengan segelas susu dan meminumnya untuk meredakan sakit kepala Anda. Jika Anda ingin menggunakannya secara topikal, Anda bisa merendam cengkeh dalam minyak kelapa dan memijat pelipis untuk mendapatkan kelegaan.

6. Baik untuk tulang dan sendi Anda.
Cengkeh mengandung unsur-unsur tertentu seperti flavonoid, mangan, dan eugenol yang meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Zat-zat ini meningkatkan kepadatan tulang, mereka terlibat dalam penciptaan jaringan tulang, dan mereka mengangkut mineral sehat ke tulang kita.

7. Memiliki sifat antibakteri.
Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Buenos Aires menguji cengkeh terhadap beberapa bakteri serius, seperti E. coli dan staphylococcus. Penelitian menunjukkan bahwa minyak cengkeh efektif dalam menghilangkan bakteri ini. Bahkan ada resep untuk obat kumur herbal yang dibuat dengan minyak pohon teh, cengkeh, dan kemangi. Menurut Departemen Periodontik di KU Leuven University di Belgia, obat kumur alami ini dapat meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi jumlah bakteri dan plak di mulut setelah menggunakannya hanya selama 21 hari.

8. Penuh antioksidan.
Cengkeh adalah sumber polifenol nomor satu dan paling manjur. Polifenol adalah zat gizi mikro yang kita serap ketika kita makan tanaman. Mereka memiliki manfaat besar bagi tubuh kita: mereka menurunkan kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan fungsi dan fleksibilitas arteri, dan meningkatkan umur panjang.
Baca Juga: Mengerikan, Wuhan Menutup Semua Transportasi dan Melarang Lebih Dari Sebelas Juta Warga Meninggalkan Kota

9. Dapat membantu mengatur gula darah.
Cengkeh sangat cocok untuk orang dengan masalah gula darah, seperti diabetes, karena mereka bertindak seperti insulin di dalam tubuh. Mereka membantu mengekspor kelebihan gula dari darah Anda ke sel-sel Anda, mengembalikan keseimbangan, dan menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

10. Memperlambat pembekuan darah.
Eugenol yang ditemukan dalam cengkeh diketahui memperlambat pembekuan darah. Perlu diingat bahwa ini dapat bereaksi buruk dengan obat pengencer darah. Berkonsultasi dengan dokter diperlukan sebelum Anda mulai memasukkan lebih banyak cengkeh ke dalam makanan Anda.

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...