riau24

Santai Tapi Serius, Begini Aktivitas Komunitas Guru Ngopi (KGN) Pekanbaru Bahas Dunia Pendidikan

Minggu, 12 Januari 2020 | 17:19 WIB
Para guru yang tergabung dalam KGN Pekanbaru, secara rutin menggelar diskusi membahas dunia pendidikan. Foto: rils Para guru yang tergabung dalam KGN Pekanbaru, secara rutin menggelar diskusi membahas dunia pendidikan. Foto: rils

RIAU24.COM -  Banyak cara yang dilakukan para guru di Pekanbaru, untuk membahas perkembangan di dunia pendidikan. Salah satunya seperti yang dilakukan Komunitas Guru Ngopi (KGN). Komunitas secara rutin menggelar diskusi yang disusun secara santai tapi serius. 

Kali ini, KGN mengangkat tema "Merdeka Belajar dan RPP 1 Lembar", yang dilaksanakan di D'Park Coffe Jalan Arifin Ahmad, Sabtu (11/1/2020) kemari.

Dalam rilisnya yang diterima redaksi, salah seorang narasumber kegiatan, Atikah Hermansyah, ngopi tidak sebatas ritual minum kopi bersama di pagi hari, namun makna Ngopi di KGN adalah Ngolah Pikiran. Dimana, dalam setiap pertemuannya berbagai masalah pendidikan dan pengajaran dirangkum menjadi topik diskusi yang menarik. 

Baca Juga: Lirik Investasi Di Pelindo II, Ini Kata Menteri Pelancaongan Malaka

"Tujuan dari kegiatan ini, selain ajang silaturahmi sesama anggota, kita juga berusaha untuk memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan dan ini merupakan misi mulia komunitas yang beranggotakan pendidik dan masyarakat yang memiliki perhatian terhadap pendidikan. Anggota kami beragam, ada guru, mahasiswa, masyarakat dan juga widyaiswara," terangnya. 

Sedangkan, Iin Fatimah yang juga merupakan narasumber kegiatan dan guru bidang Kimia di MAN 1 Pekanbaru, dalam materi yang disampaikannya terkait RPP 1 lembar menjabarkan tentang cara membuat Lesson Desain atau dikenal dgn RPP 1 lembar.

 

"Ini merupakan RPP yang simpel atau sederhana, berisikan kegiatan-kegiatan guru, bantuan guru beserta prediksi respon siswa pada langkah pembelajaran. Inilah ciri khas dari Lesson Desain, karena menerapkan desain didaktis. Kita berharap, guru-guru bisa merancang RPP secara berkolaborasi dengan teman sejawat. Serta bisa melakukan refleksi diri setelah menerapkan RPP yang telah dirancang," terangnya.


Baca Juga: Disperindag Pekanbaru Bakal Tertibkan Pasar Kaget

Sementara, salah seorang peserta dari KGN, Rika Okviana yang bertugas di SMK Pertanian Riau, sangat antusias dan merespon positif dari kegiatan ini terutama materi yang dibahas kali ini yakni RPP 1 lembar.

"Alhamdulillah KGN kali ini disajikan dengan santai dan pemaparan dari pemteri juga santai. Semua disajikan dengan kekeluargaan. Terkait temanya yaitu RPP 1 lembar, semua yang datang membuat RPP 1 lembar, kita membuatnya bersama-sama dan sangat menyenangkan, tanpa embel-embel juga tak ada sertifikat. Dimana, yang datang adalah orang-orang yang mau belajar. Saya berharap, dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi belajar," ungkapnya.

Respon senada juga disampaikan Eddy Marwan Siregar, peserta KGN lainnya dari LPMP Riau mengatakan, penyusunan RPP 1 lembar ini sesuai dengan Permendikbud no.14 tahun 2019. Di mana semua peserta memerlukannya dan penyampaian dari narsum cukup jelas, karena mereka menggunakan Power Point.

"Sementara, pesertanya cukup antusias, karena menyangkut dengan persiapan pembelajaran guru di kelas. Tadi guru-guru permata pelajaran di kelompokkan, sehingga mereka saling berbagi ilmu. Ini merupakan langkah positif dari komunitas guru didalam meningkatkan pelayanan pembelajaran di kelas," ujarnya. ***

PenulisR24/wan



Loading...

Terpopuler

Loading...