riau24

Iran akan Serang Empat Kedutaan Amerika, Begini Respon Menteri Pertahanan AS

Senin, 13 Januari 2020 | 06:17 WIB
Mark Esper Mark Esper

RIAU24.COM -  Iran berencana untuk menyerang empat kedutaan AS di sejumlah negara. Rencana Iran ini diungkap Presiden Amerika Donald Trump,  Jumat pekan lalu, Trump mengatakan, Iran mungkin telah menargetkan kedutaan AS di Baghdad dan bertujuan untuk menyerang empat kedutaan AS, sebelum Soleimani terbunuh.

"Kami akan memberi tahu Anda mungkin itu akan menjadi kedutaan besar di Baghdad," kata Trump dalam sebuah klip wawancara di Fox News. "Saya dapat mengungkapkan bahwa saya percaya itu akan menjadi empat kedutaan."

Baca Juga: Begini Cerita WNI yang Terjebak di Wuhan: Tak Menakutkan Seperti yang Dibayangkan

Pernyataan Trump ini ternyata tidak sepenuhnya diyakini oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper.  Ia menyatakan tidak melihat bukti spesifik dari pejabat intelijen tentang rencana penyerangan itu.  Namun, ia mengaku setuju dengan Presiden AS Donald Trump bahwa serangan lanjutan terhadap Kedutaan Besar AS mungkin dilakukan. 

Esper mengatakan pada CBS's "Face the Nation", bahwa pernyataan Trump kepada Fox News tidak didasarkan pada bukti spesifik tentang serangan terhadap empat kedubes AS. "Apa yang dikatakan presiden adalah bahwa mungkin ada serangan tambahan terhadap kedutaan. Saya berbagi pandangan itu. Presiden tidak mengutip bukti spesifik,” kata Esper, Minggu (12/1). 

Ketika ditanya apakah pejabat intelijen menawarkan bukti konkret tentang hal itu, dia berkata, "Saya tidak melihat satu pun mengenai empat kedutaan."

Baca Juga: Menakjubkan, Wanita Australia Berusia 70 Tahun Ini Terlihat Seperti Remaja, Ini Rahasia Kecantikannya...

Sejak mengkonfirmasi bahwa pemimpin militer Iran Qassem Soleimani telah terbunuh oleh serangan drone AS di Baghdad, para pejabat administrasi telah mengklaim bahwa mereka bertindak karena risiko serangan yang akan segera terjadi terhadap para diplomat dan anggota layanan AS di Irak dan di seluruh wilayah.***

 

PenulisR24/saut



Loading...

Terpopuler

Loading...