riau24

Lebih Modern, ini Kelebihan Rem Tangan Elektronik

Senin, 13 Januari 2020 | 09:42 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Seiiring perkembangan zaman, ada banyak Fitur-fitur yang semakin canggih khususnya di mobil. Salah satunya adalah rem tangan yang kini ditawarkan dalam versi lebih canggih.

Dikutip Liputan6.com, Senin, 13 Januari 2020 dari Wuling Indonesia, kebanyakan mobil jaman dulu dibekali rem tangan dengan tuas yang harus ditarik ke atas untuk mengaktifkannya. Tapi sekarang tuas rem tangan justru sudah mulai ditinggalkan.

Saat ini, para pabrikan memilih untuk menggunakan rem tangan elektronik atau Electronic Parking Brake (EPB) sebagai gantinya. Secara tampilan, EPB memang lebih modern dan simpel. Maka itu, sekarang ini tak ada lagi tuas yang harus ditarik untuk mengaktifkan rem tangan, melainkan hanya menekan tombol.

Rem tangan tradisional bekerja dengan cara sederhana, yaitu menarik tuas ke atas, maka akan ada dua kabel yang juga tertarik ke rem belakang. Dengan memberikan tekanan kepada kabel-kabel tersebut, bantalan rem menempel pada cakram untuk menahan roda belakang tetap di tempatnya.
Baca Juga: Pangsa Pasar Toyota Naik 32,2%, Penjualan Ditopang oleh Segmen MPV

Sedangkan rem tangan elektronik tentu lebih modern karena keseluruhan sistemnya sudah elektrik. Dengan hanya menekan tombol EPB, motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan bantalan ke dalam cakram.

Sederhananya, saat pedal rem ditekan sensor pada brake, pedal akan mengirimkan sinyal untuk menunjukkan jika rem dalam kondisi aktif. Saat akan menjalankan mobil kembali pun hanya tinggal menekan tombol EPB yang sedang aktif agar roda tak lagi terkunci.

Lantas, apakah keunggulan rem tangan elektronik? Mobil yang telah mengusung fitur EPB pun memiliki sejumlah keuntungan. Seperti saat parkir tak memerlukan usaha berlebih untuk mengunci roda agar mobil tidak berjalan.

Hanya tinggal menekan tombol maka rem tangan akan aktif dengan sendirinya. Ada juga yang melengkapi fitur rem tangan elektronik ini dengan Auto-Hold Parking Brake.
Baca Juga: Harga Suzuki XL7 Bocor, Terendah Mulai Rp 230 Juta

Fitur yang satu ini merupakan sensor untuk menangkap ketika mobil berhenti dan pengendara menginjak rem. Fitur ini cukup berguna ketika berada di jalanan menanjak. Anda tinggal menekan tombol untuk mengaktifkannya dan mencegah mobil mundur dengan sendirinya. Untuk kembali menjalankan mobil, maka Anda cukup menginjak pedal gas.

Kedua fitur tersebut juga membuat interior mobil tampil lebih elegan dan kekinian. Konsol tengah pun semakin luas karena absennya tuas rem. Ruang kabin akan terasa lebih luas dan konsol tengah bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan lainnya.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...