riau24

Catat! Suhu Tubuh Normal Manusia Sudah Berubah, Tidak Lagi 37 Derajat Celcius

Senin, 13 Januari 2020 | 11:12 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM -  Sebuah penelitian menunjukkan hasil yang mengejutkan. Penelitian itu dilakukan untuk mendalami tentang kondisi suhu tubuh normal manusia. Hasilnya, suhu tubuh normal manusia tidak lagi 37 derajat celcius, seperti yang biasa kita pahami. Namun angkanya telah berubah menjadi 36,3 derajat celcius, atau menjadi lebih dingin dari sebelumnya.  
 
Dilansir detik, Senin 13 Januari 2020, ternyata, perubahan fisiologis manusia ikut berpengaruh. Perubahan fisiologis yang telah berlangsung sejak abad 19 tersebut, juga diyakini menjadi penyebab berubahan ukuran suhu normal tubuh manusia tersebut. Hasil penelitian terseut dilakukan pada 35 ribu orang Inggris.

Baca Juga: Tak Hanya Dari Kelelawar, Ternyata Hewan Ini Juga Disebut-Sebut Sebagai Penyebar Virus Mematikan Dari Wuhan

"Perbedaan yang teramati pada temperatur antara abad ke-19 dan sekarang adalah nyata dan perubahan selama itu memberikan petunjuk fisiologis penting pada perubahan kesehatan manusia dan harapan hidup sejak revolusi industri," tulis para ilmuwan dalam laporannya di jurnal eLife, dikutip dari medicalnewstoday.

Untuk diketahui, suhu tubuh manusia ditentukan oleh banyak faktor, antara lain aktivitas fisik dan laju metabolisme. Infeksi dan penyakit tertentu juga mempengaruhi perubahan suhu tubuh. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...