riau24

Jangan Abaikan Rasa Gatal di Tubuh, Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Mematikan Ini...

Senin, 13 Januari 2020 | 11:55 WIB
Jangan Abaikan Rasa Gatal di Tubuh, Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Mematikan Ini... Jangan Abaikan Rasa Gatal di Tubuh, Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Mematikan Ini...

RIAU24.COM -   Hati adalah organ yang sangat penting yang bertanggung jawab atas banyak fungsi dalam tubuh kita - dan bisa berakibat fatal jika fungsi hati mengalami kerusakan. Saat ini, diperkirakan 5,5 juta orang Indonesia menderita penyakit hati kronis atau sirosis. Jadi, penting untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan hati untuk memperingatkan Anda tentang sesuatu yang serius.

Riau24.com menyusun delapan tanda hati yang rusak, yang menunjukkan mengapa Anda harus segera pergi ke dokter. Apa sajakah itu ?

Baca Juga: Video Rekaman Warga Yang Pingsan di Jalanan Akibat Wabah Virus Wuhan Jadi Viral di Sosial Media

1. Kulit dan mata Anda menjadi kuning.
Jika Anda memiliki gejala ini, hati Anda kemungkinan besar akan bermasalah. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit kuning yang menyebabkan pigmentasi kuning pada kulit, putih mata, dan lendir. Warna kuning muncul karena bilirubin berlebih yang memiliki pigmen kekuningan-oranye yang ditemukan dalam empedu hati. Ketika hati dalam kondisi yang sehat, maka hati berfungsi dengan mudah menghilangkan bilirubin. Tetapi jika rusak parah, Anda benar-benar akan menguning.

2. Cepat merasa lelah dan lelah.
Bukan hanya kelelahan dasar tetapi sesuatu yang lebih. Kelelahan ditandai dengan kurangnya energi mental dan fisik. Anda tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun. Terkadang Anda bisa merasakannya hanya di pagi hari dan rasanya seperti siksaan untuk bangun dari tempat tidur. Di lain waktu Anda bisa merasakannya sepanjang hari.

3. Pembengkakan perut.
Pembengkakan perut bisa menjadi salah satu gejala yang lebih tidak nyaman yang menyebabkan rasa sakit. Ini terjadi ketika cairan tertahan di perut. Dalam beberapa kasus, perut Anda bisa menjadi sangat kembung sehingga Anda seperti sedang hamil. Sebagai akibat dari penumpukan cairan, Anda juga mungkin mengalami pembengkakan kaki dan pergelangan kaki.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Satu Orang yang Terinfeksi Akan Menyebarkan Coronavirus Lebih Banyak Lagi

4. Kurang nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan secara drastis.
Biasanya, dokter mendefinisikan ini lebih dari 10% penurunan berat badan. Kondisi seperti itu juga dapat dihubungkan dengan pembengkakan perut. Saat Anda sangat kembung, Anda tidak benar-benar ingin makan. Sangat sulit untuk makan karena setiap kali Anda mungkin merasa sakit.

5. Mengalami spider angioma di kulit Anda.
Angioma laba-laba terlihat seperti jaring arteriol kecil yang melebar yang terletak sangat dekat dengan permukaan kulit. Jika Anda menemukannya di bagian atas dada, tangan, leher, dan wajah, itu bisa menjadi tanda penyakit hati.

6. Memar di tubuh Anda.
Jika hati Anda rusak, produksi protein berhenti atau menjadi lebih lambat. Ini menyebabkan pembekuan darah yang buruk. Itu sebabnya orang dengan kerusakan hati akan berdarah atau memar lebih mudah daripada orang sehat.

7. Air seni Anda berwarna gelap.
Nuansa bisa berbeda tetapi secara umum, warna urin Anda akan terlihat lebih gelap dari biasanya. Anda mungkin mengalami warna cokelat, oranye gelap, atau kuning. Itu terjadi karena kelebihan bilirubin yang sama di hati yang tidak dapat memecahnya.

8. Gatal-gatal
Tentu saja, setiap orang terkadang merasa gatal! Tetapi dalam kasus-kasus di mana hati Anda dalam kesulitan, Anda mungkin mengalami lebih banyak kulit gatal yang lebih terlokalisir. Itu terjadi karena racun yang hati tidak bisa saring lagi. Anda mungkin merasa sangat gatal, terutama di malam hari.

Bagaimana Anda merawat hati Anda? Silakan menulis komentar dan bagikan bagaimana Anda melindungi hati Anda dari kerusakan.

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...

Terpopuler

Loading...