riau24

Delapan Tanda Peringatan Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Wanita, Nomor 1 Banyak Dialami Orang Indonesia

Selasa, 14 Januari 2020 | 11:19 WIB
Delapan Tanda Peringatan Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Wanita, Nomor 8 Banyak Dialami Orang Indonesia Delapan Tanda Peringatan Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Wanita, Nomor 8 Banyak Dialami Orang Indonesia

RIAU24.COM -  Tubuh wanita selalu berubah, itulah sebabnya terkadang sangat sulit bagi mereka untuk mengidentifikasi masalah pada tahap awal. Bahkan, rata-rata wanita menunggu sekitar 13 minggu sebelum mengunjungi dokter setelah terlebih dahulu mengalami gejala penyakit serius. Namun, jika Anda memperhatikan bahkan perubahan sekecil apa pun di tubuh Anda, Anda akan dapat menjaga kesehatan fisik Anda dan mencegah masalah di masa depan.

Riau24.com mengumpulkan 8 tanda tidak jelas yang menunjukkan masalah kesehatan serius yang tidak boleh diabaikan wanita.

1. Perut Anda buncit.
Bagi sebagian wanita, kembung adalah bagian normal dari periode bulanan mereka. Tetapi jika Anda tidak cenderung kembung dan Anda telah mengalaminya lebih dari 2 minggu, ini mungkin merupakan tanda pertama bahwa ada sesuatu yang tidak seimbang dengan tubuh Anda.

Baca Juga: Australia Siapkan Sebuah Pulau Untuk Mengkarantina Warganya Setelah Dievakuasi Dari Wuhan

Dalam kasus endometriosis, perut Anda bisa membengkak pada hari tertentu dan menjadi lebih buruk seiring berjalannya hari. "Endo belly" biasanya tidak dapat diprediksi - kembung dapat bertahan bersamamu selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu atau menghilang setelah beberapa jam. Selain itu, kembung yang terus-menerus bisa menjadi tanda kanker payudara atau ovarium.

2. Ada jerawat di dagu Anda.
Sekitar 2 minggu sebelum menstruasi, tubuh Anda meningkatkan estrogen dan progesteron. Karena perubahan kadar hormon ini, Anda mungkin mengalami jerawat di dagu yang akan hilang setelah beberapa waktu. Namun, jika Anda secara konsisten memiliki jerawat di rahang atau dagu Anda, itu mungkin berarti bahwa hormon Anda rusak dan Anda perlu mengunjungi dokter sebelum terlambat.

3. Anda merasakan sakit saat berolahraga.
Jika Anda sering merasa sakit di daerah panggul saat Anda berlari, berjalan, dan bahkan berdiri dalam waktu yang lama, ini bisa berarti bahwa endometrium Anda, lapisan dalam rahim Anda, tumbuh di luar dari yang seharusnya. Dalam hal ini, sel-sel endometrium dan jaringan parut asing mengikat organ internal Anda bersama-sama, menyebabkan rasa sakit dan ketidakmampuan untuk berolahraga.

4. Anda mengalami nyeri punggung bagian bawah dan kaki.
Nyeri punggung bawah cukup umum selama periode bulanan wanita, sehingga dapat dianggap normal. Namun, jika Anda menderita rasa sakit di punggung dan bahu bagian bawah sebelum, selama, dan setelah menstruasi bersama dengan ketegangan otot di area ini, Anda mungkin menderita endometriosis.

Gejala umum endometriosis lainnya adalah mati rasa, sensasi kesemutan, dan nyeri pada kaki Anda. Jenis rasa sakit ini dapat menyebar ke satu atau kedua kaki Anda dan menjadi lebih buruk sebelum menstruasi.

5. Ada gumpalan darah di haid Anda.
Periode setiap orang berbeda - bisa lebih terang, lebih gelap, lebih berat, dan sebagainya. Dan benar-benar tidak apa-apa jika Anda melihat satu atau dua gumpalan sesekali. Namun, jika darah Anda menjadi gelap dan gumpalannya konsisten dan besar ukurannya, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki fibroid rahim. Pertumbuhan non-kanker di rahim ini dapat menyebabkan pendarahan yang tidak normal dan bahkan masalah kandung kemih.

6. Anda tidak tertarik pada makanan favorit Anda.
Apakah Anda merasa kenyang sepanjang waktu dan kesulitan menyelesaikan bahkan makan kecil? Apakah Anda benar-benar kehilangan nafsu makan baru-baru ini? Semua perubahan dalam kebiasaan makan Anda yang biasa ini bisa menjadi tanda kanker ovarium, terutama jika dikombinasikan dengan nyeri perut dan perubahan kebiasaan buang air besar.

Baca Juga: Tak Hanya di Wuhan, Pasar di Indonesia Ini Menjual Daging Kelelawar dan Monyet yang Dibantai Dengan Kejam Untuk Para Pembeli

7. Rambut Anda rontok.
Rambut rontok adalah salah satu gejala visual dari testosteron rendah, hormon yang mendukung produksi rambut sehat dan pemeliharaannya. Tanda ketidakseimbangan yang pasti adalah rambut tidak rata di kepala Anda yang dapat berkembang menjadi kebotakan seiring waktu.

Rambut tubuh Anda juga dapat terpengaruh, meskipun gejala ini bisa kurang terlihat, terutama jika Anda mencukur bulu kaki dan ketiak secara teratur.

8. Anda selalu terlalu panas atau terlalu dingin.
Jika Anda tidak pernah bisa merasa nyaman pada suhu kamar, Anda mungkin memiliki ketidakseimbangan hormon. Salah satu alasan ketidakseimbangan tersebut bisa jadi adalah kadar estrogen Anda, hormon yang mengatur reproduksi wanita. Biasanya, levelnya berubah sepanjang hidup Anda dan sepanjang siklus menstruasi Anda, tetapi terkadang ada masalah dengan produksinya di tubuh Anda.

Kadar estrogen dapat memengaruhi suhu tubuh Anda. Sebagai aturan, estrogen rendah menyebabkan hot flash dan estrogen tinggi, sebaliknya, membuat Anda merasa dingin di tangan dan kaki Anda sepanjang waktu.

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...