riau24

Tim KKN UR Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kecap Dari Air Kelapa Di Desa Melai

Selasa, 14 Januari 2020 | 16:55 WIB
Foto. Istimewa Foto. Istimewa

RIAU24.COM - Desa Melai merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Rangsangan Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, desa ini sendiri memiliki bahan pangan yang melimpah salah satu nya yaitu hasil kebun berupa buah kelapa.

Buah kelapa tersebut biasanya dijual sama masyarakat Melai dengan harga relatif rendah, Maka oleh karena itu tim KKN UR Desa Melai mencoba untuk memberikan pengetahuan pengolahan air kelapa yang berupa pembuatan kecap dari air kelapa.

Tim KKN UR Desa Melai yang beranggotakan Dobi Umbara (koordinator Desa), Poetry Fahruddin R (Sekretaris TIM), Jupri Ali Yenos (Bendahara TIM), Redo Faldiari, Anggi Agustiawan, Vanisha Nindya Putri, Chesley Titivani Fariza, Nanda Dwi Putri, Tri Astuti, Suliyah. Dengan Dosen pembimbing lapangan Dr. Dessy Yoswaty S. Pi,  M. Si.

Baca Juga: Marwan Kritik Rencana Pencabutan Gas Bersubsidi 3 Kg Oleh Pemerintah

Sosialisasi dan pembuatan Kecap dari Air Kelapa di laksanakan satu kali yaitu pada hari Minggu, tanggal 28 Juli 2019 bertempat di kantor Desa Melai.

Sasaran peserta dari sosialisasi dan pelatihan pembuatan kecap dari Air Kelapa tersebut yaitu Masyarakat Desa Melai terutama untuk ibu-ibu Desa Melai, yang bagaimana sosialisasi dan pelatihan tersebut kerjasama dengan kelompok PKK Desa Melai.

Redo Faldiari, sebagai koordinator program kerja ini menjelaskan bahwa pembuatan kecap dari Air Kelapa sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kecap gampang dicari. Air Kelapa yang menjadi bahan pembuatan Kecap pun buah kelapanya bisa dipetik sendiri dari kebun.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kecap diantaranya Air Kelapa, gula merah, bawang putih, ragi tempe, tepung maizena. 

Baca Juga: Tak Capai Target, Komisi III Evaluasi 20 UPT Bapenda se Riau

Selain memperkenalkan bahan-bahan pembuatan kecap juga menunjukkan peralatan yang digunakan selama proses. Peralatan yang digunakan seperti timbangan, spatula kayu, saringan, panci, kompor.

Masyarakat yang biasanya menjual kelapa dengan harga murah, sekarang dapat mengolah menjadi Kecap dan di jual ke pasar dengan harga lebih tinggi.

Pelatihan pembuatan Kecap diharapkan dapat menjadi peluang usaha sebagai salah satu upaya memanfaatkan potensi bahan pangan lokal yang melimpah dan dapat menjadi produksi unggulan Desa Melai untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

PenulisR24/amri



Loading...
Loading...