riau24

Cuma Dikenal Lewat Lagu, Buah Jali Mampu Selamatkan Kita Dari Penyakit Mematikan, Ini Daftar Khasiatnya

Rabu, 15 Januari 2020 | 10:27 WIB
Tanaman Jali-jali atau Barley Tanaman Jali-jali atau Barley

RIAU24.COM -  Buah jali, biasa dikenal sebagai jelai atau barley adalah tumbuhan biji – bijian yang bentuknya oval, keras dan warnanya putih. Tanaman ini berasal dari suku padi – padian, termasuk liar dan tumbuh dimana-mana dengan daun yang panjang dan runcing. Berasal dari Asia Timur dan Malaya, tetapi sekarang sudah tersebar ke seluruh dunia.

Di tanah air, tanaman ini dikenal karena pernah dijadikan judul lagu, yakni "Jali-jali". Pasalnya, orang zaman sekarang nyaris tidak mengenal bahkan mengonsumsi biji-bijian berwarna putih tersebut. Padahal manfaat yang dirasakan tubuh saat mengonsumsi jali sangatlah bagus.

Baca Juga: Terbukti! Ramuan Herbal Ini Ampuh Mengatasi Telat Haid

Jali mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk tubuh, mulai dari melancarkan buang air besar hingga jadi obat tradisional kanker.

Ahli gizi Nanny Djaja dari  Fakultas Kedokteran UNIKA Atmajaya Jakarta, menjelaskan manfaat biji yang kini terlupakan oleh sebagian masyarakat. Padahal berdasarkan literatur yang ia baca manfaat jali itu bagus sekali.

Berikut 5 manfaat biji jali bagi kesehatan tubuh kita:


1. Memelihara kondisi tulang

Manfaat jali-jali sebagai salah satu manfaat padi dan kelompoknya untuk tulang berasal dari kandungan kalsium dan mineral seperti fosfor, mangan serta tembaga yang bisa membantu kepadatan tulang dari dalam tubuh. Jali- jali juga bermanfaat untuk menghindari serangan arthritis yang biasa terjadi pada orang usia lanjut berkat kandungan tembaga di dalamnya.

Baca Juga: WHO Minta Maaf Karena Menyepelekan Virus Corona, Tingkat Risiko Global Dianggap Semakin Berbahaya

2. Menangkal radikal bebas

Bisa digunakan sebagai antioksidan berkat nutrisinya yang lengkap dan cukup baik untuk menangkal serangan radikal bebas yang berasal dari udara agar tidak menyerang organ-organ dan sel tubuh serta menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit. Anda juga bisa mencoba manfaat teh barley dan manfaat daun barley untuk menghilangkan radikal bebas.

3. Penghambat penuaan (anti aging)

Zat mineral jenis selenium yang ada pada manfaat barley dapat memperbaiki kolagen kulit, agar tetap seimbang dan meningkatkan regenerasi kulit yang mati akibat radikal bebas. Selenium dapat menghaluskan kulit dan merapatkan pori-pori dan memperbaiki struktur kulit yang tidak rata. Wajah akan terhindar dari kerutan halus dan selalu nampak awet muda.

4. Menurunkan berat badan

Jali atau barley mengandung asam amino esensial yang bisa meluruhkan kalori, gula serta lemak trans yang dihasilkan dari olahan makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Mengonsumsi jali juga dapat mempercepat pembakaran lemak pada tubuh, dan dengan demikian akan menurunkan berat badan yang kurang ideal. Kandungan serat tinggi dari jali juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga cocok untuk Anda yang sedang ingin berdiet.

5. Menurunkan tekanan darah

Jali memiliki kandungan zat mineral lengkap dan dibantu oleh asam amino esensial yang bisa menghancurkan penggumpalan kolesterol jahat di dalam darah, meluruhkan lemak dan kelebihan gula di pembuluh darah sehingga menyeimbangkan tekanan darah. Kandungan beta glucan yang ada di dalam jali – jali terbukti bermanfaat untuk menghindari kolesterol tinggi dan juga kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk menjaga berat badan, Anda juga dapat mencoba manfaat ketan merah dan manfaat kunyit putih untuk darah tinggi.

6. Menghindari kanker Usus

Serat tinggi yang dimiliki jali dapat menstabilkan kadar gula dalam darah, melindungi usus dari virus serta kotoran dari limbah makanan yang dikonsumsi, dan juga melindungi dari radikal bebas. Dengan menghindari radikal bebas, maka usus juga akan terhindar dari serangan sel kanker. Selain itu, jelai juga mengandung tokotrienol yang sangat tinggi sebagai antioksidan alami untuk menetralisir radikal bebas, mengurangi resiko kanker dan juga penyakit jantung. Jali juga telah diteliti secara ilmiah mengandung zat aktif bernama coixenolide yang bisa mendatangkan manfaat jali untuk tumor.***

PenulisR24/saut



Loading...
Loading...