riau24

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berumur 40 Tahun

Rabu, 15 Januari 2020 | 11:37 WIB
Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berumur 40 Tahun Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berumur 40 Tahun

RIAU24.COM -   Ketakutan akan penuaan adalah salah satu ketakutan paling umum yang dimiliki orang. Para psikolog berpikir bahwa itu baik-baik saja jika Anda takut bertambah tua. Tetapi Anda harus mengatasi ketakutan Anda dan memahami bahwa segala usia memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda apa yang terjadi pada tubuh ketika seseorang berusia 40 tahun.

Riau24.com telah memutuskan untuk mempertimbangkan aspek negatif dan positif penuaan. Dan kami merasa kami harus menunjukkan bahwa tidak semua perubahan ini akan terjadi pada Anda - itu tergantung pada kesehatan dan gaya hidup Anda.

10. Rambut kita menjadi kurang padat.
Masalah ini terjadi terutama pada pria tetapi banyak orang kehilangan rambut tebal mereka sebelum berusia 30 tahun, dan 53% pria botak setelah 40 tahun. Wanita juga kehilangan rambut tetapi lebih lambat daripada pria. Ya, itu tidak menyenangkan tetapi ada juga keuntungannya: rambut tubuh Anda berhenti tumbuh juga. Untuk mencegah kerontokan rambut yang cepat, rawat rambut Anda: potonglah dari waktu ke waktu, oleskan masker, dan hentikan penggunaan pengering rambut. Diversifikasi diet Anda dan makan lebih banyak vitamin. Anda juga dapat mengunjungi trichologist yang dapat mengetahui penyebab kerontokan rambut Anda dan membantu Anda mengatasi masalah Anda.

9. Akan lebih mudah menjadi orang tua yang baik.
Pria dan wanita berusia 40 tahun memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak, mereka mengatasi kesulitan dengan lebih baik, dan tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi yang menantang. Terlebih lagi, mereka lebih aman secara finansial daripada orang berusia 20 tahun. Ini berarti bahwa orang tua "yang lebih tua" akan dapat memberikan bayi mereka semua yang mereka butuhkan. Tetapi ada juga beberapa kelemahan: itu jauh lebih rumit bagi seorang wanita untuk hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Jadi jika Anda punya pilihan dan keinginan, lebih baik punya anak lebih awal. Kita juga harus mengakui bahwa sains modern menangani dengan baik masalah-masalah yang berhubungan dengan sistem reproduksi pria dan wanita.

Baca Juga: Tak Perlu Obat Kimia, Dokter Zaidul Akbar Ini Resep Sembuhkan Penyakit Maag Secara Alami

8. Terjadi intoleransi laktosa.
Beberapa orang tidak dapat mencerna produk susu sejak kecil dan yang lain mendapatkan masalah ini nanti. Intoleransi laktosa biasanya mempengaruhi wanita Afrika Amerika dan Asia di atas 40. Pada usia ini, tingkat enzim laktase yang membantu mencerna laktosa menurun. Akibatnya, susu tidak bisa dicerna dan menyebabkan masalah usus besar.

Jika Anda mengalami masalah ini, minumlah susu bebas laktosa dan konsumsi probiotik.

7. Gigi kita menjadi kurang sensitif.
Jika Anda menderita kepekaan gigi saat masih muda, masalah ini mungkin hilang ketika Anda bertambah tua. Ini terjadi karena dentin, jaringan terkalsifikasi yang tumbuh seiring berjalannya waktu. Karena itulah sensitivitas berkurang. Namun demikian, ada juga kelemahannya: setelah perubahan ini, ada kemungkinan Anda tidak akan mengerti bahwa ada yang salah dengan gigi Anda. Jadi disarankan untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur.

6. Menyusut seiring bertambahnya usia.
Orang-orang mulai menyusut setelah berusia 30 tahun dan Anda benar-benar dapat melihat perubahan ini ketika Anda berusia 40 tahun. Menurut data yang dikumpulkan oleh University of Arkansas untuk Ilmu Kedokteran, pria secara bertahap dapat kehilangan satu inci antara usia 30 dan 70, dan wanita dapat kehilangan sekitar 2 inci. Agar tidak semakin pendek, makanlah makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D dan jangan lupa berolahraga.

Baca Juga: Sebulan Sebelum Terkena Serangan Jantung, Tubuh Anda Akan Memperingatkan Anda Dengan Delapan Sinyal Ini

5. Metabolisme kita menurun.
Jika pada usia 40, Anda makan makanan yang sama seperti yang biasa Anda makan pada usia 20, Anda akan bertambah berat dengan sangat cepat. Masalahnya adalah, setelah 40 metabolisme kita menurun dan kita kehilangan otot lebih cepat. Dr. Kathryn Boling mengatakan bahwa rata-rata wanita memperoleh sekitar 15 pon antara usia 40 dan 55 tahun.

Untuk menghindari masalah yang tidak menyenangkan ini, kita harus mengikuti diet sehat dan berolahraga. Sayangnya, tidak ada resep ajaib yang dapat membantu kita menjadi bugar. Kita harus bekerja keras untuk berada dalam kondisi yang sempurna.

4. Kita menjadi lebih menarik dan percaya diri.
Para psikolog mengklaim bahwa wanita lebih percaya diri setelah 40 tahun daripada wanita pada usia 20 atau bahkan 30 tahun. Fakta ini membantu mereka mencintai diri sendiri, tidak pernah khawatir tentang hal-hal kecil, menyingkirkan orang-orang beracun, dan menjadi benar-benar bahagia dan mandiri secara finansial. Pada usia ini, orang mengevaluasi kembali diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka. Jadi pria dan wanita menjadi lebih menarik di mata orang lain.

3. Pendengaran dan penglihatan kita mungkin bertambah buruk.
Pada usia 40 tahun, orang mulai mengalami rabun jauh atau masalah penglihatan lainnya: sebagai aturan, orang membutuhkan lebih banyak cahaya untuk membaca dan mereka juga melihat perubahan dalam persepsi warna. Masalah penglihatan lainnya adalah mata kering. Pendengaran kita juga memburuk. Ini terjadi karena perubahan struktur membran timpani dan telinga bagian dalam.

Untuk menemukan masalah tepat waktu, kunjungi dokter dari sesekali.

2. Sistem kekebalan tubuh kita semakin kuat.
Pada usia 40, orang telah diserang oleh banyak berbagai virus. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh kita semakin kuat dan kita jarang sakit. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, Anda harus menjalani gaya hidup sehat dan cukup tidur. Terlebih lagi, penting juga untuk menghabiskan waktu di luar ruangan dan menghirup udara segar.

1. Indera perasa kita berubah.
Ketika kita lahir, kita memiliki sekitar 9.000 reseptor rasa. Ketika kita bertambah tua, jumlah reseptor ini berkurang dan kita mulai kehilangan sensasi rasa, biasanya dimulai dengan rasa asin dan manis dan kemudian pahit dan asam. Omong-omong, perubahan ini terjadi pada wanita lebih awal daripada pada pria.

Sayangnya, kita tidak dapat menghentikan proses ini tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak akan dapat membedakan antara selera yang berbeda, mereka hanya akan kurang cerah. Kami harap artikel ini akan membantu Anda bersiap untuk masa depan dan tidak khawatir tentang perubahan ini. Perlu diingat bahwa Anda dapat memperlambat proses penuaan dengan bantuan para ahli. Apakah Anda tahu ada perubahan lain yang terjadi pada tubuh kita setelah 40?

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...

Terpopuler

Loading...