riau24

Jet Tempur Israel Serang Pangkalan Udara Suriah

Rabu, 15 Januari 2020 | 19:13 WIB
Foto (internet) Foto (internet)

RIAU24.COM -  Tentara Suriah mengatakan, pesawat tempur Israel menyerang pengkalan udara utama T4 di provinsi Homns. Selasa 14 Januari 2010. Namun serangan itu berhasil dijatuhkan Sistem pertahanan Suriah meski tidak semua rudal itu berhasil dilumpuhkan. 

Baca Juga: Mengerikan, Bukannya Berkurang, Kasus Virus Corona Dikabarkan Meningkat Hingga Dua Kali Lipat

Menurut laporan berita pemerintah Suriah SANA menyatakan juru bicara militer menjelaskan empat rudal Israel telah mencapai pangkalan itu. Namun pertahana udara mencegat beberapa rudal lain yang dijatuhkan. 

Televisi pemerintah sebelumnya tidak mengatakan siapa yang berada di belakang serangan di pangkalan udara utama. Namun, tidak beberapa lama, Suriah pun mengungkapkan dalang di balik serangan itu.

Israel telah berulang kali membom target milisi yang didukung Iran di Suriah. Serangan yang dilakukan diklaim bertujuan untuk mengakhiri kehadiran militer Teheran di negara yang dilanda perang.

Pangkalan udara T4, yang menurut sumber-sumber intelijen Barat, telah digunakan sebagai pangkalan bagi Pengawal Revolusi Iran. Tempat itu telah beberapa kali dihantam oleh Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Bagikan Puluhan Ribu Masker Hingga Nasi Kotak, Kisah Solidaritas Penduduk Wuhan yang Dilanda Virus Korona Jadi Trending Topik

Israel di masa lalu mengatakan, Iran menggunakan pangkalan T4 untuk mentransfer senjata ke Hizbullah. Kelompok milisi Syiah Lebanon tersebut telah berperang selama sebulan pada 2006. 

 

Sumber: Republika

PenulisR24/riko



Loading...
Loading...